My Photo
Name:
Location: Bdg, Bgr, Jawa Barat, Indonesia

Posted At Friday, February 03, 2006

A Programmer Story
Apakah kepuasan seorang Programmer?? Kalau pertanyaan tersebut dilontarkan kepada seorang programmer, mungkin kita akan mendapatkan berbagai macam jawaban dari pertanyaan tersebut. Kalau pertanyaan tersebut ditanyakan kepada saya yang programmer amatiran, jawabannya adalah...when the problem solved!!! Bukan ketika program jadi. Karena, suatu program tidak akan pernah jadi selama masalahnya tidak terpecahkan.

Sementara bentuk interface, hanyalah kepuasan tambahan saja. Itu buat saya loh...gak tahu kalau buat programmer yang lain.

Setiap programmer pasti pernah merasakan begadang semalaman, kurang tidur, lupa makan...demi terpecahkannya sebuah masalah. Saya ingat, ketika skripsi harus memecahkan dan membuat algoritma yang memakan waktu 1 bulan. Juga ketika mengerjakan tugas-tugas dari dosen. Kepala rasanya mau pecah!

Sering kali, yang menjadi hambatan atau masalah adalah "ketahanan" diri kita sendiri. Tidak jarang saya merasa putus asa. Atau terpikir untuk meninggalkan pekerjaan itu. Dan kadang-kadang ingin berteriak sekeras-kerasnya. Kadangkala sampai lupa waktu juga. Teman saya pernah mengalami itu.

"Ini teh hari apa?"
"Hari Jum'at..."
"Hah...? Bukannya hari selasa...."
"Wuahahahahaha..."

Tapi, ketika permasalahan sudah terpecahkan, membuat program menjadi lebih mudah. Ketika skripsi, saya mengalaminya, setelah algoritmanya terpecahkan, semuanya jadi lebih mudah dan lebih cepat. Jauh lebih cepat daripada memecahkan algoritmanya yang menghabiskan waktu satu bulan.

Rasanya sangat menyenangkan...pengorbanan berhari-hari, atau berbulan-bulan, bisa terlupakan. Saat itu juga badan dan kepala ini jadi terasa ringan. Kadang saya sampai joget-joget, nyanyi-nyanyi dan loncat-loncat segala. Ada juga yang berteriak "yes"...dan lain-lain. Wajah jadi sumringah lagi. Pada saat kuliah ada ungkapan, "asa bucat bisul...", meskipun saya tidak tahu rasanya bisulan, karena tidak pernah bisulan. :p

Yang dibutuhkan seorang programmer hanyalah lebih sabar, lebih tenang dan lebih teliti. Selain itu juga pengalaman dan jam terbang dalam mengerjakan suatu program. Karena seringkali masalahnya bukanlah sesuatu yang besar, tetapi sangat kecil. Seperti kurang satu huruf, kurang tanda, salah meletakan variabel...hanya seperti itu, tapi bisa menyebabkan terbuangnya waktu berhari-hari. Masalah seperti itulah yang disebut "bug". Bug dalam bahasa inggris berarti kutu. Kecil, tapi bisa menimbulkan masalah yang sangat fatal.

Setelah semuanya selesai, yang dilakukan programer seperti saya adalah..."balas dendam"!! Tidur seharian, makan bisa sampai 3 piring, jalan-jalan...pokoknya melupakan semua masalah yang pernah ada. Itulah kepuasannya.

NB : Algoritma adalah langkah-langkah untuk memcahkan suatu masalah. Kata ini diadaptasi dari kata "Al-Khawarizm", ilmuwan matematika Islam yang menemukan istilah ini. Karena bule-bule pada gak bisa nyebut, jadinya "Algorithm", orang Indonesia nyebutnya Algoritma...Geeetoooo!!

16:19 030206 Gedung Gajah....The Problem, Solved!!!
Posted by Donny @ 4:41 PM

Ada 0 orang yang cuap-cuap :

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home

Copyright © 2006 Bom Bye
Design : Donny Reza