My Photo
Name:
Location: Bdg, Bgr, Jawa Barat, Indonesia

Posted At Sunday, July 16, 2006

Fun Jogging
Mau tahu cara lari/jogging yang baik, benar dan fun menurut saya...? Setelah puluhan kali melakukan jogging di beberapa tempat jogging, Sabuga, Gasibu (Bandung), Kebun Raya, Sempur dan Stadion Padjadjaran (Bogor) juga ketika jogging ketika SMA, saya menemukan teknik jogging yang nyaman dan efektif buat saya secara alami ketika SMA dulu. Jika pada awalnya saya tidak kuat lari, atau gampang capek, setelah beberapa kali bereksperimen dengan pernafasan juga dengn cara berlari, akhirnya saya bisa juga berlari sampai, untuk saat ini, setengah jam. Cuma setengah jam..? Ya, cuma segitu, soalnya kesanggupan lari tergantung seberapa sering latihan...sementara saya cuma berlari minimal seminggu sekali bahkan pernah cuma sebulan sekali. Tapi kalau dilatih secara rutin, teman saya pernah sampai 40 keliling lapangan Gasibu.

Pertama, buat nyaman diri kita! Pastikan kita tidak salah kostum ketika akan berlari...terutama cewek, kalau cowok sih biasanya cuek...pernah lihat cewek lari pagi pake Sepatu pesta..? Atau pake celana jins..? Atau berdandan seperti mau belanja...? Saya sering!! Dan dalam hati, saya sering juga "mengutuk"..."bade kamana atuh neng..? pesta ulang tahun mah sanes di lapangan..."..("mau kemana, neng...? pesta ulang tahun itu bukan di lapangan....")...Jangan memakai sepatu yang terlalu sempit! Dijamin, kaki kita bakalan lecet-lecet. Untuk cewek, jangan terlalu seksi deh, kecuali kalian mau jadi pusat perhatian, sebaiknya hindari pakaian yang seksi-seksi...karena apa? Idealnya, cowok itu, kalau lari lebih cepat daripada cewek, kalau ketika kalian lari, nggak ada yg menyusul kalian, mesti curiga, coba lihat ke belakang...mungkin cowok-cowok itu sedang bergerombol mengikuti kalian dan memperhatikan ke-seksi-an kalian....hihihi...

Kedua, pasang musik di telinga kita. Entah itu dari HP, MP3 Player, apa pun...asal jangan bawa radio ngikutin gaya anak-anak Hip-hop...bukan apa-apa, berat!! Sebelum lari, setting musik kita sesuai dengan kondisi jogging...jadi, yang semangat!! Selama lari, fokuskan pada musik...dengarkan, nyanyikan, kalau perlu praktekan...saran saya ketika lari, Lagu Sexy dari Kapten, cocok juga buat jadi pengiring ketika lari...kalau perlu ketika masuk reffrain..."Tangan di atas...goyangkan badan...semua teriak..."...Kita praktikan sambil lari!! Dijamin, kita dianggap gila...heu heu heu...hey, melihat orang lain jogging dengan pacar dan istrinya, sementara kita sendiri, udah bisa membuat kita gila...jadi, kagok gelo, sekalian aja....:p...Selain Lagu Sexy dari Kapten, Overture1928 dari Dream Theater, atau Maju tak Gentar...cocok juga...kalau yang doyan nasyid, mungkin lagu-lagu dari Shoutul Harokah atau Izzis bisa jiga dipakai...jangan pernah sekali-kali pasang lagu Tanpa Kekasihku-nya Agnes ketika kondisi seperti itu...makin nelangsa lo....!!! Apalagi pas bagian..."Apalah artinya hidup, tanpa kekasihku..."...wwaaaaahhh...jangan deh...baydewei, lagu itu kurang ajar banget ya..? coba perhatikan liriknya..."Dimanakah letak surga itu..? Biar kugantikan tempatmu denganku..."...Enak aja! Lu kira Surga gampang dapetinnya..? ..heu heu heu...

Atau, coba juga yang ini, ketika lari...rentangkan tangan kita, kemudian melarilah meliuk-liuk, dan keluarkan suara seperti pesawat terbang...ngeeeeeenngggggggg...:p...saya pernah nyoba, tapi tanpa..."ngeeengggg"...hehehehe...Asyik juga lo...

Cari lokasi lari yang kondusif untuk lari...dulu, lapangan sempur Bogor, masih kondusif sama seperti gasibu di Bandung, tapi saat ini sudah tidak lagi, lebih mirip pasar daripada lapangan olahraga...makanya, saya lebih memilih lari di Sabuga, meskipun harus bayar...selain itu, cantik-cantik loh...hehehehe...huss..ya, siapa tahu kan, ketemu jodoh di sana...? :p

Saat berlari, jangan bernafsu dengan berlari cepat-cepat, kalau begitu, nanti belum satu putaran sudah berhenti...pelan-pelan saja, yang penting konstan, disiplin...atur nafas juga agar bisa bernafas secara konstan ketika lari...kalau sejak awal nafas kita pendek-pendek, usahakan seperti itu terus sepanjang kita lari..kalau panjang-pendek...seperti itu...sekali lagi, konstan!! Biasanya, di putaran pertama, belum apa-apa kaki sudah terasa lemas...tapi, jangan berhenti, lanjutkan terus...sampai kita merasakan kondisi dimana rasa lemas itu hilang...rasa lemas itu akan muncul lagi, ketika kita memang sudah benar-benar kelelahan...maka, saat itulah saatnya kita berhenti berlari...Ngobrol ketika lari, tidak saya anjurkan, sebab saat itu nafas kita menjadi tidak stabil, biasanya malah bikin nafas kita sesak...

Setelah selesai berlari, jangan langsung duduk atau berhenti apalagi minum...saat itu, nafas kita sangat tidak stabil...jadi sebaiknya, jalan kaki dulu 1-2 putaran, pendinginan...sampai nafas kita terasa normal lagi...saya anjurkan musik-nya juga disesuaikan, sesuai dengan kondisi pendinginan...kalau saya biasanya pake musik2 instrumental, seperti lagu Wanita (Dewa Budjana), atau lagu instrumental Selamat Tidur, Sayang (Gigi)...apalagi dibagian akhirnya ada sedikit nada-nada Cicak di Dinding..."Jomblo jomblo nggak laku, jalan-jalan sendiri, datang seorang cewek...plak...langsung digampar!!"..(nyanyiin pake nada cicak di dinding)...hihihii...

Sebetulnya, alasan saya menyarankan untuk fokus pada musik, karena dengan fokus pada musik, bisa mengalihkan perhatian dari rasa lelah...saya sering kali lupa dengan kondisi lelah tersebut ketika berlari...karena saya sambil menyanyi juga...bahkan kadang-kadang tangan saya mengikuti nada-nada dari gitar atau keyboard pada lagu yang terdengar...pernah juga, langkah kaki saya disesuaikan dengan ketukan drum...asyik deh, kalau buat saya sihhh...nggak tau juga kalau orang lain...Tidak terasa, 6 - 7 lagu berdurasi 5 menit bisa selesai...tapi, ketika kondisi kita sudah sangat lelah..biasanya kita juga tersadar kembali, bahwa sudah saatnya untuk berhenti. Maka, berhentilah....

--------------------------------------
"Sudah, berhenti...sudah cukup..."
"Tidak, aku masih bisa berlari...satu putaran lagi...ayo, jangan menyerah..."

"Ini sudah satu putaran, saatnya berhenti..."
"Tidak, satu putaran lagi saja...aku masih sanggup kok..."

"Sudah satu putaran lagi...jangan paksa aku lagi...aku sudah lelah..."
"Ayolah, hanya satu putaran lagi....ok?"
"Baiklah, satu putaran lagi...."

"Cukup, ini putaran terakhir...aku sudah tidak sanggup lagi...sudah saatnya kita berhenti..."
"Hmmm...Baiklah, meskipun sebenarnya aku masih ingin berlari..."
"Aku tahu, tapi aku sudah tidak sanggup lagi untuk berlari terus...ada saatnya kita harus berhenti..."


Hanya lintasan-lintasan "pembicaraan" dalam hati ketika berlari...
--------------------------------------
S3K3L04. 20:37. 160706.
Posted by Donny @ 10:00 PM

Ada 15 orang yang cuap-cuap :

At 10 September, 2006 17:49, Blogger anugerah perdana said...

wow, sama banget !!!
tadinya mau nulis yang ginian
tapi keduluan
gpp deh...
keep on going akhi

 

At 08 November, 2006 18:20, Blogger budi said...

Minta lagu "Selamat Tidur, Sayang"-nya donk :))

 

At 02 November, 2007 11:00, Anonymous Anonymous said...

T2hWgP The best blog you have!

 

At 03 November, 2007 00:25, Anonymous Anonymous said...

reBO7L Nice Article.

 

At 03 November, 2007 01:17, Anonymous Anonymous said...

Wonderful blog.

 

At 03 November, 2007 02:03, Anonymous Anonymous said...

Please write anything else!

 

At 03 November, 2007 03:02, Anonymous Anonymous said...

Hello all!

 

At 03 November, 2007 04:04, Anonymous Anonymous said...

Wonderful blog.

 

At 03 November, 2007 17:36, Anonymous Anonymous said...

Wonderful blog.

 

At 03 November, 2007 22:14, Anonymous Anonymous said...

Good job!

 

At 03 November, 2007 23:16, Anonymous Anonymous said...

Good job!

 

At 04 November, 2007 00:19, Anonymous Anonymous said...

Good job!

 

At 04 November, 2007 01:06, Anonymous Anonymous said...

Magnific!

 

At 04 November, 2007 15:21, Anonymous Anonymous said...

CrBNJi write more, thanks.

 

At 20 May, 2011 18:35, Blogger Fitrianti Inayah said...

nice info :)

 

Post a Comment

Copyright © 2006 Bom Bye
Design : Donny Reza