My Photo
Name:
Location: Bdg, Bgr, Jawa Barat, Indonesia

Posted At Sunday, July 16, 2006

Tawaf
Aktivitas tawaf, ternyata bukan hanya milik orang-orang yang melakukan ibadah haji atau umrah saja. Kecenderungan untuk melakukan tawaf juga ternyata dilakukan oleh segala hal yang ada di alam semesta ini, termasuk manusia. Tawaf adalah kegiatan ibadah yang dilakukan dengan mengelilingi ka'bah pada saat Haji atau umrah, biasanya dilakukan sambil berdoa. Tidak sedikit yang pulang dari Haji atau umrah yang merindukan untuk melakukan tawaf. Bahkan ada juga yang menyesal karena tawaf yang dilakukan kurang banyak.

Suatu saat, saya sedang duduk di pinggir kolam yang ada di Masjid Al-Ukhuwwah, Balaikota Bandung. Tadinya, saya hanya ingin melepas lelah saja setelah melakukan jalan-jalan. Karena airnya cukup jernih, ikan-ikan yang ada di kolam tersebut bisa terlihat dengan jelas. Tidak terpikir apa pun selain melihat ikan-ikan tersebut. Menarik sekali saat saya memperhatikan ikan-ikan tersebut mengelilingi sebuah hiasan pancuran. Hanya saja, saya terusik dengan arah putaran ikan-ikan tersebut yang berlawanan dengan arah jaruh jam. Persis seperti arah tawaf. Tidak hanya saat itu saja. Di beberapa kesempatan, saya pun menyaksikan pemandangan yang sama di tempat lain.

Saat lain, ketika saya melepas lelah di pinggir arena setelah melakukan lari pagi, saya pun menyaksikan pemandangan yang sama. Hanya saja, kali ini yang melakukan adalah manusia. Kemudian, saya coba untuk memperhatikan orang-orang yang melakukan lari di berbagai tempat. Hampir seluruhnya berputar melawan arah jarum jam. Bahkan sebuah perlombaan Nascar pun, cenderung berputar melawan arah jarum jam. Saya pernah mencoba untuk berlari sesuai dengan arah jarum jam, tapi saya merasakan sesuatu yang "tidak biasa". Rasanya kurang nyaman saja. Saya yakin, tidak ada aturan yang mengharuskan arah putaran lari itu harus berlawanan arah jarum jam, tapi ternyata setiap orang cenderung untuk berlari berputar melawan arah jarum jam.

Tidak hanya itu saja. Bulan ternyata berputar mengeliling bumi melawan arah jarum jam, Bumi dan bulan mengelilingi matahari melawan arah jarum jam, planet-planet lain pun sama. Matahari dan planet-planetnya, mengelilingi pusat galaxy melawan arah jarum jam. Arah putaran elektron terhadap inti atom pun sama, melawan arah jarum jam. Arah pusaran air, dan juga angin tornado, jika saya perhatikan, memiliki kecenderungan yang sama, berputar melawan arah jarum jam. Bahkan, kedua tangan saya, ketika saya coba untuk membuat pusaran air dalam bak, cenderung memutar berlawanan dengan arah jarum jam. Juga ketika membuat suatu lingkaran, lebih nyaman membuat lingkaran dengan arah yang berlawanan dengan jarum jam.

Saya tidak tahu apakah itu suatu sunatullah, atau hanya kebetulan belaka. Tapi, jika itu adalah suatu sunatullah, maka pada dasarnya, setiap makhluk yang ada di muka bumi ini sedang melakukan ibadah, sama seperti tawaf. Ada filosofi tersendiri tentang konsep tawaf ini. Jam menunjukkan waktu, yang selalu maju...tidak pernah kembali...sementara Alam Semesta berputar berlawanan dengan arah jarum jam, arah waktu...itu artinya, sementara waktu terus maju, Alam ini seolah-olah melakukan hitungan mundur, seperti bom waktu yang akan meledak jika sudah mencapai angka 0. Dan alam semesta pun, akan "meledak" ketika waktunya berakhir, itulah kiamat.

Dipatiukur. 23.10. 160706.
Posted by Donny @ 10:31 PM

Ada 15 orang yang cuap-cuap :

At 24 July, 2006 21:34, Anonymous Anonymous said...

Wah..kalo ana sih dulu sukanya searah jarum jam kalo lari pagi. Tapi setelah memperhatikan orang-orang ternyata memang berlawanan dengan jarum jam. Maka sekarangpun jadinya ikut-ikutan berlari berlawanan dengan jarum jam...hehehe..

Mungkin karena kita cenderung ke arah kanan akibat kebiasaan2 sehari2 kita. Sehingga ketika mendapati sebuah bundaran kita cenderung mengambil arah kanan. Tapi kalo di Indonesia, kalo naik mobil lewat bunderan malah searah jarum jam lho ?? Tanya kenapa??

 

At 25 July, 2006 10:55, Anonymous Anonymous said...

Wah, kalau bunderan di Indonesia arah bunderannya berlawanan arah jarum jam...bisa berantakan dong lalu lintas...;))

 

At 01 August, 2006 08:17, Blogger Fleurs said...

salamin?? huuu,,, n_n

 

At 02 November, 2007 13:23, Anonymous Anonymous said...

Avfalt The best blog you have!

 

At 03 November, 2007 00:19, Anonymous Anonymous said...

TWIHIk Hello all!

 

At 03 November, 2007 01:13, Anonymous Anonymous said...

Nice Article.

 

At 03 November, 2007 01:59, Anonymous Anonymous said...

Hello all!

 

At 03 November, 2007 02:52, Anonymous Anonymous said...

Hello all!

 

At 03 November, 2007 03:57, Anonymous Anonymous said...

Nice Article.

 

At 03 November, 2007 17:31, Anonymous Anonymous said...

Please write anything else!

 

At 03 November, 2007 22:07, Anonymous Anonymous said...

Please write anything else!

 

At 03 November, 2007 23:09, Anonymous Anonymous said...

Hello all!

 

At 04 November, 2007 00:13, Anonymous Anonymous said...

actually, that's brilliant. Thank you. I'm going to pass that on to a couple of people.

 

At 04 November, 2007 01:02, Anonymous Anonymous said...

Thanks to author.

 

At 01 July, 2009 21:37, Anonymous Anonymous said...

brilliant banget sih tulisannya... bisa menganalisa kehidupan sebagus itu. Kalau di bundaran di indo searah jarum jam soalnya kan nyetirnya di jalur kiri, kalau nyetir di jalur kanan spt di amrik pasti bunderannya berlawanan arah jarum jam.

 

Post a Comment

Copyright © 2006 Bom Bye
Design : Donny Reza