My Photo
Name:
Location: Bdg, Bgr, Jawa Barat, Indonesia

Posted At Saturday, December 02, 2006

2 X 2 = Bahagia
Akhirnya, setelah pencarian yang cukup lama, saya dapat menikmati lagi Album lama GIGI, 2 X 2. Senangnya...senangnya... Seperti yang sudah-sudah, saya menemukan album ini secara tidak sengaja. Ketika saya kembali ke Bandung, setelah 2 hari sebelumnya pulang ke Bogor. Saya mendapatkannya di Kebon Kalapa, setelah shalat Jum'at di Mesjid Raya Bandung. Hanya saja, MAHAL!! Harganya 3 kali lipat dari harga aslinya yang ketika album ini keluar, sekitar tahun 1997, hanya Rp.8000,-. Meskipun setelah ditawar, hanya turun Rp.2000,- Tapi, nggak apa-apa lah. Maklum saja barang langka dan, tentu saja, Great Music!!!. Bayangkan saja, 3 tahun lebih saya mencari album ini. Pernah suatu saat, seluruh toko kaset di mall-mall besar di Bogor saya datangi, demi untuk memenuhi rasa 'cinta' saya pada album ini. Eh, dapatnya malah di emperan pinggir jalan. Padahal, toko kaset bekas yang ada di Bandung pun pernah saya datangi, dan memang sulit mencari album ini. Sebuah pelajaran, kalau punya koleksi kaset-kaset lama atau barang apa saja, jangan dibuang, tapi rawat dengan baik, siapa tahu suatu saat harganya bisa jadi berlipat-lipat.

So, setelah sampai kost-an, saya sibuk nyari walkman ke sana-sini, soalnya saya nggak punya tape atau walkman. Ada beberapa orang yang saya telpon dan sms. Rupanya walkman sudah bukan zamannya lagi. Akhirnya, ada seorang teman kostan yang berbaik hati meminjamkan tape yang katanya agak besar, dan kenyataannya, sangat besar!!. Demi untuk mendengarkan lagi album tersebut, saya pun rela untuk mengangkat dari lantai 2 ke lantai 1. Asli, berat!! Pyuuhhh!! Dan bagusnya lagi, teman saya itu punya kabel audio yang bisa saya gunakan untuk merekam ke komputer untuk saya jadikan MP3. Lengkaplah sudah kebahagiaan saya. :D

Dengan kembali memiliki album ini, hampir lengkaplah daftar pencarian saya, setelah jauh-jauh hari sebelumnya saya mendapatkan hampir seluruh track dari Liquid Tension Experiment dan John Petrucci. Dua album dari Liquid Tension Experiment (Album I dan II) dan John Petrucci (Suspended Animation) merupakan album-album yang luar biasa. Terutama Liquid Tension Experiment yang memberi 'pengalaman baru' dalam menikmati sebuah sajian musik yang berkarakter, chaos, megah dan pada beberapa bagian, terdengar 'lucu'. Jadi, pencarian saya tinggal album-album dari Transatlantic, Jordan Rudess dan OSI. Masih lumayan banyak ternyata, dan susahnya, album-album tersebut sangat langka di Indonesia.



Oke, kembali ke Album 2 X 2. Saya akan cerita sedikit tentang album ini. Album ini merupakan album transisi ketika GIGI mengalami kegamangan setelah ditinggal 3 personelnya, yaitu Baron (Gitar) yang melanjutkan kuliah ke Amerika, Thomas (Bass) yang saat itu sedang dalam masa penyembuhan dari penyakitnya, mabok!! Dan Ronald (Drum) yang meninggalkan GIGI karena memiliki visi yang berbeda.
Sepeninggalan Baron, GIGI dengan 4 personel yang tersisa, yaitu Armand, Budjana, Thomas dan Ronald masih sempat menelorkan sebuah Album yang diberi judul 3/4. Sebuah album yang minimalis, nge-rock, eksperimental tapi juga nampak totalitas mereka dalam bermusik. Menurut saya, pada album ini, semua personel bermain sangat baik dan benar-benar 'mengerahkan' seluruh kemampuan mereka. Saya sangat kagum pada bagaimana Ronald memainkan drum-nya di album ini. Sayangnya, setelah di album ini, yang merupakan album terakhir Ronald bersama GIGI, saya tidak pernah mendapatkan lagi permainan drum Ronald seperti di album 3/4 ketika Ronald bermain di luar GIGI, termasuk ketika membentuk Dr.PM.

Setelah album 3/4 inilah, Thomas 'istirahat' dari GIGI, disusul beberapa bulan kemudian oleh Ronald yang mengundurkan diri. Tersisa Armand dan Budjana. Konon, mereka berdua sempat berfikir untuk membubarkan GIGI dan berduet saja. Namun, mereka urung melaksanakan niat tersebut dan menambah 2 orang personel baru, Budhy Haryono (Drum) dan Ophet Alatas (Bass) yang merupakan kru GIGI. Bahkan sebelum Thomas istirahat, Ophet pernah beberapa kali menggantikan Thomas ketika mabok. Akhirnya, keluarlah album 2 X 2 di bawah bendera Ceepee.

Ada apa aja sih di album ini? Dan mengapa saya sangat menyukai album ini? Hmmm, apa ya? Menurut saya, album ini sangat fenomenal karena pertama, banyak melibatkan musisi dari dalam dan luar negeri. Kedua, album ini sangat eksperimental, terkesan sedang mencari bentuk, tapi justru menghasilkan lagu-lagu yang luar biasa. Ketiga, warna musik yang lebih unik. Keempat, hampir semua lagu saya suka. Tentu saja semuanya tidak objektif, karena penilaian orang terhadap musik berbeda-beda, tapi itulah menurut saya.

Ada 11 lagu di album ini, 8 lagu dengan lirik Bahasa Indonesia, 2 dengan lirik Bahasa Inggris dan 1 lagu instrumental. Album ini dibuka dengan lagu yang sangat keren, Flamenco, sesuai judulnya musik yang ditawarkan bernuansa Flamenco, seperti musik-musik spanyol dan latin. Juga dengan beat yang membuat badan ingin bergoyang dan menari. Disusul dengan lagu Mereka, sebuah lagu yang sangat nge-rock!! Pada lagu ini, GIGI dibantu oleh Billy Sheehan yang saat itu masih menjadi Bassis Mr.Big, bahkan di lagu ini Billy menampilkan kebolehannnya bermain solo bass, bersahut-sahutan dengan solo gitarnya Budjana. Konon Billy sempat terkagum-kagum dengan kemampuan Budjana dalam bermain gitar, dan pernah menawari Budjana jadi gitaris Mr.Big. Namun, saya tidak pernah mendengar berita tersebut dari mulut Budjana langsung (halah, kesannya akrab banget ya ...? heuheuheu :p). Menariknya, di lagu ini juga ikut menyumbangkan beberapa pemain trompet terkenal, yaitu Eric Marienthal, Harry Kim dan Arturo Velasco yang mewarnai lagu ini menjadi lebih gagah. Disusul kemudian dengan lagu Bumi Meringis, bernuansa etnis dan akustik dengan latar string section dari Sak Unine String Trio, menjadikan lagu ini lebih 'menggigit'. Saya benar-benar kagum dengan kemampuan vokal Armand di lagu ini. Sangat prima.

Lagu keempat, Kurindukan. Pada awalnya, saya tidak terlalu suka dengan lagu ini. Namun, seiring berjalannya waktu, saya jadi menyukai lagu ini. Tidak banyak yang bisa saya ceritakan dari lagu ini, hanya saja lagu ini lebih bernuansa kelam. Lagu selanjutnya, Tractor. Dengan lirik Bahasa Inggris, hampir menyerupai lagu Mereka, namun lebih nge-rock dan ada sedikit unsur jazz, karena dibantu juga oleh Indra Lesmana.

Masuk side B, diawali sebuah lagu keren, Kau Dengar. Sebuah lagu yang pernah membuat saya mengharu biru ketika zaman SMA dulu, terutama karena lirik yang ini..."Sadarlah, ada bidadari, yang menanti hatimu. Jangan biarkan dia sendiri, menangis, tanpa belai, tanpa kasih...". Bagian yang paling saya sukai dari lagu ini adalah pada bagian solo gitar nya Budjana. Disusul dengan Cry Baby. Sebuah lagu yang 'berisi', nge-jazz, progressive, nge-rock, ah sagala rupa lah...heuheuheu. Masuk lagu Sang Nayaga, diawali dengan intro rebab disusul rampak gendang dari IDEA Percussion, dan selanjutnya mewarnai keseluruhan lagu ini. Sangat eksotis dan lebih meng-Indonesia. Lagu ini diakhiri dengan rampak gendang selama kurang lebih 30 detik, impressive. Berikutnya, masuk sebuah lagu instrumental medley, Bronchitis-Kronis. No Comment.

Dua lagu terakhir terdengar lebih bersahabat dengan telinga. Lagu kesepuluh, Selamat Ulang Tahun, dengan nada yang lebih ceria, sederhana dan paduan suara ceria anak-anak, menjadikan lagu ini cocok untuk dijadikan sebagai lagu ulang tahun. Dan terakhir, Ingin Kubicara. Hmm, the most favourite song. Seperti lagu Kau Dengar, lagu ini juga pernah membuat saya menjadi sangat sentimentil. Karena pada saat itu lagu ini sangat sesuai dengan apa yang saya rasakan..."Ingin Kubicara, semua yang ada, namun jiwa ini diam, beku...". Heuheuheu. Bahkan saya sering sekali mengutip lirik ini ketika SMA dulu. Dengan sentuhan gitar akustik dari Budjana, Bass yang sederhana dari Ophet dan Perkusi dari Budhy, serta String Section yang dominan menjadi latar belakang lagu ini, menjadikan lagu ini benar-benar cocok untuk mereka yang sedang jatuh cinta. Sangat melankolis.

Jadi, begitulah...:D Ada yang mau minjem?? hehehehe.

S3K3L04. Saturday. 021206. 02.46.
Posted by Donny @ 9:32 PM

Ada 16 orang yang cuap-cuap :

At 07 December, 2006 09:38, Anonymous Amaly said...

Sy mengerti "perasaan"Mang yg baru menemukn 2 X 2 nya stlh skian lama brkelana :P sperti "prasaan" saya yg dulu brkelana mncari kaset TheBest-nya BrianAdams....met mnikmati deh Mang tp sy 'ga pengen minjem...ga doyan GIGI....doyan sikat gigi huahahaha :D

 

At 16 December, 2006 08:35, Anonymous 'N said...

Wah, saking ngefansnya ma GIGI ya... kayak komen diatas N sih ga gitu suka ma GIGI, sukanya gosok GIGI aja......... :D

btw ga ada oggix nya ya??

 

At 19 December, 2006 22:26, Blogger Donny said...

Amaly : begitulah...emang seneng banget dapatin sesuatu yang sudah lama dicari.

'n : Kalau gitu, sering2 gosok gigi ya, supaya sehat...:D oggix nya blm saya tambahkan, saya masih uji coba dulu template yang ini...:) Insya Allah, nanti akan saya tambahkan ;)

 

At 02 November, 2007 10:31, Anonymous Hydrocodone said...

2hNABs The best blog you have!

 

At 03 November, 2007 00:05, Anonymous personal loan amortization calculator said...

nKRCCl Nice Article.

 

At 03 November, 2007 01:02, Anonymous alpine tours maine said...

Hello all!

 

At 03 November, 2007 01:51, Anonymous re finance uk what is fioricet said...

Wonderful blog.

 

At 03 November, 2007 02:37, Anonymous celebrex 2b side effects said...

Thanks to author.

 

At 03 November, 2007 03:44, Anonymous nys insurance department licenses said...

Magnific!

 

At 03 November, 2007 17:20, Anonymous phentermine no prescription free consul said...

Good job!

 

At 03 November, 2007 21:54, Anonymous ativan buy tramadol online said...

Hello all!

 

At 03 November, 2007 22:58, Anonymous babies born with xanax with said...

Magnific!

 

At 04 November, 2007 00:03, Anonymous ca site xanax zingpr said...

actually, that's brilliant. Thank you. I'm going to pass that on to a couple of people.

 

At 04 November, 2007 00:53, Anonymous receive phentermine saturday delivery said...

Hello all!

 

At 04 November, 2007 14:46, Anonymous JohnBraun said...

bgNoox write more, thanks.

 

At 07 February, 2009 12:37, Blogger anepan said...

minta lagu nya donny...

ni email saya..

hateUbro@gmail.com

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home

Copyright © 2006 Bom Bye
Design : Donny Reza