My Photo
Name:
Location: Bdg, Bgr, Jawa Barat, Indonesia

Posted At Wednesday, December 13, 2006

Penjelasan AA Gym Tentang Pernikahan Kedua
Berikut ini adalah kutipan Penjelasan AA Gym tentang penikahan kedua beliau. Kutipan tersebut saya ketik sendiri setelah mendengarkan file rekaman penjelasan beliau di depan santri-nya di Daarut Tauhiid pada tanggal 4 Desember 2006. Saya tidak mengutip seluruhnya, karena durasinya lumayan lama. Akan saya bagi menjadi dua sesi, sesi pertama berisi penjelasan AA Gym, sesi kedua, insya Allah menyusul, penjelasan dari Teh Ninih selaku istrinya. Dan tidak ada satupun kata yang saya kurangi.

Jika dibandingkan versi rekamannya, tentu saja tulisan ini kurang "greget", karena dalam versi rekamannya, jauh lebih emosional dan ada tekanan-tekanan dalam kata-kata tertentu. Sementara jika membaca tulisan ini, mungkin akan menimbulkan penafsiran yang berbeda. Namun, mudah-mudahan kutipan berikut ini bisa menjelaskan apa yang selama ini masih kabur. Selamat membaca.

---------------------------------------------------------------------------------------
Alhamdulillah, rekan-rekan sekalian. Inilah saat yang ditunggu-tunggu oleh kita semua. Saya akan menyampaikan, sesuatu yang sangat sangat penting, dan...hal yang dianggap akan menjadi hal yang strategis untuk siapapun yang menginginkan perubahan.

Saya mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh civitas santri daarut tauhiid, andaikata keputusan yang aa ambil ini membuat banyak ketidaknyamanan. Pertama, ketidaknyamanan perasaan karena informasi yang kurang jelas. Yang kedua, ketidaknyamanan...karena mungkin bertentangan dengan sebagian keyakinan. Yang ketiga, karena akan ada dampak bagi Daarut Tauhiid, MQ maupun Kopontren.

Keputusan berpoligami ini bukan hal yang ringan, saya sadar sepenuhnya akan dampak (baik dan buruknya). 5 tahun dibahas, prolognya sudah sering dibacakan, apa gerangan alasannya, mengapa mengambil resiko yang sangat besar seperti ini?
Pertama, kita lihat bahwa...kata poligami bagi sebagian masyarakat indonesia masih dianggap sesuatu perilaku yang buruk. Tidak heran bila ibu-ibu memberi nasihat..."Jangan berpoligami...!"

Apalagi dengan adanya kejadian ini, sms yang... -sebagian sms yang saya lihat-...ibu-ibu yang begitu marahnya, sampai mau meludahi, memukul kalau bertemu AA, buku-buku disobek, potret tidak mau dilihat. Ini adalah bukan hal yang membuat kita emosi, tapi ini peta(?tidak terdengar jelas), betapa belum semua orang bisa siap mendengar kata poligami.

Ini menjadi pikiran...shalat jalan, shaum jalan, haji, umrah...tapi ketika mendengar kata poligami...tersengat. Menjadi marah, menjadi...ghibah, seakan ada hukum Allah yang salah. Saya mengerti...bahwa wanita begitu berat mendengar kata ini, dan ini manusiawi. Tetapi...manjadi tidak yakin kepada kebenaran, khususnya yang satu ini, menjadi memaki, memusuhi...ini yang harus kita bantu perbaiki.

Kita lihat juga, pada saat yang sama, pergaulan bebas, perzinahan, ttm...menjadi...sepertinya bukan sebuah perilaku buruk, masyarakat makin permissive terhadap hal ini. Saya sebetulnya menunggu akan ada tokoh yang berani mengubah paradigma ini, seperti zaman jilbab dulu.

Saudaraku sekalian, sesudah istikharah hampir satu tahun, maka...walaupun mungkin ada banyak kekurangan dan kesalahan di dalam pengambilan keputusan ini, saya memilih untuk melakukannya. Mengapa baru diumumkan sekarang? seperti halnya sepak bola, karena ini membutuhkan tim yang tangguh, saya harus menanti saat tim saya kuat...Teh Ninih, Anak-anak, Orang Tua. Besar harapan, Allah membuka waktunya, dan Alhamdulillah, pertolongan Allah...kemarin diberi kesempatan dibuka waktunya.

Satu...hikmahnya, bagi saya pribadi, ini saat yang paling tepat untuk menguji apakah selama ini saya menikmati pujian, penghargaan, popularitas, penghormatan, atau saya berjuang karena ingin sesuatu yang saya yakini benar. Alhamdulillah, dengan adanya situasi ini, betapa banyak perhatian dalam aneka bentuk, caci maki, kutukan, ancaman...dan saya sependapat seperti yang dikatakan pak Miftah Faridl, kita harus ikhlas menerima caci maki ini, andai kata kita benar-benar mau komit. Alhamdulillah...

Hikmah yang kedua, inilah kesempatan bagi masyarakat. Saya ingin tahu, dakwah saya selama ini mengajak orang komit kepada hukum Allah, aturan Allah, atau baru komit kepada suka Abdullah Gymnastiar. Kalau dia komit kepada hukum, berarti tidak ada masalah. Ini hal yang halal, ini hal yang dibolehkan, bukan dianjurkan...ini hal yang, juga Rasulullah tidak melarang, sahabat juga melakukan. Ini hal yang, aturan negara juga memberikan peluang. Ini bukan kejahatan, ini bukan zina, ini bukan selingkuh...INI HALAL!! Sesuatu yang halal, sesuatu yang boleh, tetapi mengapa sebagian orang sampai seperti itu kata-katanya? Berarti...saya dakwah belum berhasil membuat orang lebih yakin kepada kebenaran dari Allah, baru sampai kepada figur AA Gym. Ini baik hadirin, untuk menguji sampai sejauh mana efek dakwah.

Bagi saya pribadi, ini cobaan yang luar biasa mantapnya. Ternyata, poligami tidak semudah diucap. Setiap hari teruji sekali, bagaimana 2 istri ini dari sudut yang berbeda? belum lagi anak-anak, belum lagi masyarakat...menguras...AA pemula belum pernah berpoligami sebelumnya. Guru-guru saya juga jarang yang berpoligami terbuka. Ada yang nasihat diam-diam, ada yang memberi nasehat bagus...belum juga. Jadi, untuk terbuka secara nasional, belum ada gurunya. Dan ini tidak mudah, hadirin. Kalau ada gurunya mungkin lebih mudah.

Tetapi, saya yakin, saya bukan melakukan kejahatan. Saya tidak melakukan kemaksiatan, ini legal, ini halal...Bismillah. Hikmahnya, jadi lebih sungguh-sungguh bergantung kepada ALlah. Kepada siapa lagi, selain kepada ALLAH? Maha suci ALlah, mudah2an besok lusa akan nampak karunia ALlah lainnya bagaimana kita sudah serius menggantungkan kepada Allah.

Hikmah untuk istri saya. Ada yang bertanya..."AA Gym kurang apa teh Ninih? Teh Ninih baik, pandai, sholehah, cantik." Sulit saya mengemukakan...ini adalah tanda cinta saya kepada istri saya. Saya tahu istri saya sangat baik, dan saya ingin istri saya menjadi lebih baik. Saya rindu melihat teh Ninih menjadi bidadari di sorga kelak...dan saya tahu...saya adalah salah satu penghalang yang membuat teteh bisa mencintai Allah sepenuh hati. Siapa suami yang tidak rindu istrinya menjadi pecinta Allah? Saya pasti mati...Apa yang bisa dilakukan oleh seorang suami yang cinta ke istrinya, kecuali ingin menjadi pecinta Allah yang dapat menjamin dirinya. Tapi, saya susah menjelaskan ini kepada umum. Saya tahu istri saya akan sakit. Tetapi seperti yang disuntik vitamin, mungkin sakit sebentar, besok lusa dia akan lebih kuat. Kalau saya nanti mati, mudah2an inilah warisan terbaik sebagai tanda cinta saya kepada istri saya...Saya percaya betul teteh akan kuat. Ayahnya ulama, nenek-kakeknya ulama, adik-kakaknya orang-orang yang terjaga, dia didoakan banyak orang. Saya tahu bagaimana teteh bangun malam. Saya ingin teteh hanya mencintai Allah daripada mencintai saya (AA Gym berbicara sambil menangis). Ini benar hadirin...(pada bagian ini, terdapat jeda beberapa detik, karena AA Gym dipeluk oleh seorang koleganya, dan terdengar juga suara tangisan AA Gym. Sebetulnya, di bagian ini, jika mendengarkan rekamannya lebih mengharukan daripada sekedar tulisan di sini. Karena emosinya lebih terdengar, dan pada beberapa bagian kalimat, AA Gym berbicara sambil menangis).

Susah saya mengungkapan dengan bahasa umum...

Mudah2an besok lusa, cita-cita saya, teteh selama di bumi ini menjadi ulama wanita, yang benar2 sesuai perkataan dan perbuatannya. Saya lihat umat terlalu banyak berkiblat kepada saya, ini tidak sehat. Jarang ada ulama wanita yang begitu penuh(?). Saya harus menggeser cinta para muslimah, mungkin lebih tepat kepada figur seorang ulama wanita. Saya siap menerima caci maki, saya siap dihina orang, saya siap dijauhi orang...mudah2an Allah menerima ini sebagai tanda cinta saya kepada teh Ninih, cinta saya kepada ummat, untuk mendapat figur yang lebih tepat. Wallahualam, Allah lah yang Maha Tahu. Hanya waktu yang akan memberikan bukti ini.

Mengapa saya berbuat kejam kepada anak2 saya? Bukan kejam. Siapa yang lebih mencintai anaknya selain orangtuanya sendiri? Apakah cinta dengan dibiarkan dia tidak mengenal kebenaran? Apakah cinta dibiarkan dengan segala sesuatu yang enak? Saya ingin anak saya tidak (pernah/terlalu?) mengatakan sesuatu yang salah tentang hukum Allah. Dia harus mengatakan bahwa ini adalah hukum Allah. Nggak boleh dicacati hati ini terhadap kebenaran dari Allah. Tidak mungkin Allah membolehkan sesuatu yang akan mencelakakan manusia. Tidak mungkin Allah memberikan aturan yang akan mencelakakan dan membinasakan, Allah yang paling tahu tentang manusia.

Saya tahu luka hati Gaida, Ghazi dan beraat sekali bagi saya. Tapi, saya percaya sepenuhnya saya tidak berbuat jahat. Ini adalah kebenaran yang tidak umum dilakukan. Alhamdulillah. Dan saya ingin anak-anak saya kuat, terlatih menghadapi yang sulit. Selama ini enak, dipuji, dihargai. Mereka akan menghadapi teman-temannya, lingkungannya. Saya ingin mereka kuat menjadi anak-anak yang kuat, dan mereka harus belajar berbagi kebahagiaan dengan yang lain.

Alhamdulillah. Tadi pagi sebelum anak-anak pergi ke sekolah...katakan Anakku untuk bapakmu..."harus kuat pak, harus kuat..". Anak-anak memberikan dukungan luar biasa. Saya dapat sms dari gurunya..."Anak-anak AA kuat dan tegar, di sekolah biasa, walaupun saya tahu biasanya yang lain terpuruk".

Saya percaya pertolongan Allah, bahwa Allah tidak akan menyia-nyiakan. Untuk daarut tauhiid, inilah saatnya, saudara lebih banyak bergantung kepada Allah daripada kepada Abdullah Gymnastiar. Mungkin akan ada penurunan jumlah jama'ah yang datang, pelatihan, pembeli...kalau saudara bergantung kepada Abdullah Gymnastiar, inilah saatnya saudara kecewa. Yang membagi rezeki bukanlah saya, Allah yang maha kuasa. Kita sudah sering mengatakan,"suatu saat jangan bergantung kepada AA". Inilah saatnya. Yang daftar ke MQ Travel ada yang membatalkan, TIDAK APA-APA, BAGUS!! MEREKA HARUS LURUS NIATNYA!! Bukan karena AA Gym, HARUS KARENA ALLAH!!. Tamu ada yang membatalkan datang ke sini..ITU BAGUS!! Mereka tidak boleh datang karena manusia, mereka harus datang karena mau mencari ilmu, mencari kebenaran. Saya tidak melihat kerugian dengan berkurangnya orang datang, berkurangnya transaksi jual beli, disanalah keberuntungan dari ALlah, agar kita bener-bener tauhiid nya lurus.

Bagi kaum muslimah, yang takut suaminya menikah lagi, yang tiba-tiba menjadi benci kepada teh Rini... Teh Rini hanyalah seorang makhluk yang ditakdirkan oleh Allah menjadi bagian dari terjadinya ketentuan ini. Insya Allah, suatu saat mudah2an teh Ninih bisa menjelaskan apa hikmahnya. Apakah saudara benci kepada sesama wanita sendiri, dengki sehingga seperti yang dikatakan pak Miftah Faridl, berbuat sadis...orang yang berghibah itu orang yang dianggap sadis, karena seperti memakan daging bangkai saudaranya sendiri. Ini ujian keimanan bagi AKhwat. Bagi lelaki, ikhwan di daarut tauhiid, ini juga ujian keimanan, apakah serta merta ingin melakukan hal yang sama, padahal tidak tahu ilmunya?

Bagi ummat, ini adalah saatnya, mengetes apakah yang dicari selama ini hanya sesuatu yang enak, sesuai dengan seleranya, atau yang dicari yang benar menurut ALlah SWT. Mengapa begitu marah kepada saya? Karena tidak sesuai dengan harapannya. Harusnya, ummat menginginkan saya sesuai dengan harapan Allah, bukan harapannya. Alhamdulillah, akan ada saatnya sebagian orang tidak mau mendengar,menjauh, marah...tetapi saya percaya setiap hati itu adalah dalam genggaman Allah. Saat ini benci, belum tentu besok akan benci. Saat ini mencaci, belum tentu besok akan mencaci. Mengapa? Karena yang menanamkan cinta bukanlah rekayasa kita, yang menanamkan cinta hanyalah Allah SWT. Insya Allah, bagi saya tidak ada masalah, dihina, dicaci, dikutuk, diancam...ini adalah bagian yang belum pernah saya jalani selama ini.

Saudaraku sekalian, ini akan berproses beberapa waktu. Kalau saudara mengharapkan pertolongan ALlah dan ikhlas, semuanya menjadi mudah. Kalau saudara mencintai dunia, mencintai pujian, penghargaan, bergantung kepada makhluk...inilah saat yang terberat yang saudara jalani. Barang siapa yang Allah baginya, Hasbiyallah wa ni'mal wakil, ni'mal maula wa ni'mal nassir.

Saudaraku sekalian, mudah2an kedepan dengan ijin ALlah akan terbukti, bentuk cinta seorang suami kepada keluarganya, kepada ummatnya, Insya ALlah. Saya harus kuat menjaga keikhlasan ini, saudarapun teruji kesetiaan, cinta kepada AA. Saya tidak berharap agar rekan2 mencintai, membela saya...Jangankan kepada rekan2, kepada teh Ninih saja..."Mamah, AA tidak menuntut mamah melakukan apapun untuk keputusan yang AA ambil ini". Karena tidak bisa diungkapkan sekarang hikmahnya. Mudah2an rekan2 memaklumi, memaafkan, dan siap. Inilah babak baru dalam kehidupan saya, mungkin satu-dua tahun ini akan latihan mengembangkan kemampuan. Sebagai penggantinya, mudah2an ibu2 akan...tempat saya digunakan oleh teh Ninih. Mudah2an akan ada figur ulama lain yang bisa mengisi kekosongan ini, pada saatnya mudah2an AA Gym yang tampil lebih layak disebut ulama daripada sekarang ini yang hanya baru belajar berdakwah biasa. Saya membutuhkan situasi dimana teruji keikhlasan, teruji kegigihan, konsisten dalam kebenaran, apakah karena ALlah ataukah karena mencari kedudukan kepada manusia.


-------------------------------------------------------------------------------------------

Itulah penjelasan dari AA Gym, insya allah, akan saya ketik juga penjelasan dari teh Ninih.

S3K3L04.131206.21.26.
Posted by Donny @ 9:18 PM

Ada 36 orang yang cuap-cuap :

At 13 December, 2006 22:05, Anonymous senaz said...

mas, tlg kabarin ya kalao penjelasan teh ninih juga udah di ketik..makasiii..

 

At 13 December, 2006 23:59, Anonymous ian said...

tolong kabari saya juga ya =) terima kasih...

 

At 14 December, 2006 08:58, Blogger le_ni said...

mas, boleh saya taruh linknya di blog saya? makasih sebelumnya!
kalo ada penjelasan dari teh ninih tolong kabarin juga yah!

 

At 14 December, 2006 09:32, Blogger acha_gtx said...

thx karena udah posting mudahan jadi sarana tabayun-nya Aa' GYM untuk masyarakat

 

At 14 December, 2006 10:25, Blogger Awan Diga Aristo said...

ok.
minimal jadi tau penjelasan resminya...
sip deh...

 

At 14 December, 2006 12:58, Blogger Trian H.A said...

bagus..sayang sy gbs dpt rekamannya.
dtunggu teh ninih nya.
tks

 

At 14 December, 2006 14:26, Blogger Kanghadi said...

Assalamu'alaikum,

Alhamdulillah.. akhirnya ada yang mau mengetikkan penjelasan dari Aa Gym. terima kasih.

karena selama ini banyak yang mempertanyakan alasan apa sehingga Aa Gym melakukan hal ini. setidaknya dengan adanya penjelasan ini, sebagian orang yang menolak bisa terbukakan hatinya dan bisa mengerti.

Kang Donny, kalo boleh saya mau link ya. untuk versi audionya, boleh dong saya minta. mungkin diupload ke server umum (aku lupa namanya), jadi bisa didownload kapanpun. (eh, boleh disebarkan tidak audionya?)

sekali lagi terima kasih banyak. kalo penjelasan Teh Ninih sudah ada, kasih tahu ya.

Wassalam,

 

At 14 December, 2006 14:30, Anonymous Anonymous said...

hmmmm.....
ide bagus...cerdas
nyimak deh. :D
i'll be waiting for teh ninih or klo ada teh ririn juga yah. hehe..

 

At 14 December, 2006 16:36, Blogger Donny said...

Senaz, Ian : Penjelasan teh Ninihnya udah tuh...

le_ni : Silahkan, semakin banyak yang tahu informasinya, semakin bagus...:)

acha_gtx : Insya Allah, mudah-mudahan bisa banyak manfaatnya...

awandiga : mudah-mudahan bisa ngebantu...

trian h.a : Insya Allah, kalau sudah saya upload, nanti saya kabari lagi...:)

kanghadi : Silahkan kalau mau link, untuk versi audionya, sedang saya usahakan Kang. Nanti akan saya kabari lagi...:)

anonyomous : Alhamdulillah, sayangnya untuk penjelasan teh Rini, memang tidak ada penjelasan resminya...

 

At 15 December, 2006 09:02, Anonymous 'N said...

Mas Doni, N ijin copy ya (berikut sumbernya jg) untuk disebarkan keteman2. Karena yg berkembang dari info media lebih 'mengompori' dan memojokkan pihak AA, Teh Ninih, dan Teh Rini. Bukan maksud untuk membela siapapun tapi lebih kepada mana yg benar. Jazakumulloh Khairan Katsiron....

 

At 15 December, 2006 17:45, Anonymous Anonymous said...

Ass. waahhh...bagus banget. Bisa jadi ajang utk tabayun bout Aa' en berita poligami yg lagi marak. Saya minta ijin untuk copy ke blog saya di friendster boleh?? karena saya gak tau gimana caranya nge-link. Afwan sebelumnya...

jazakumullah khairan katsiran...
wass.

 

At 18 December, 2006 01:21, Blogger Donny said...

'n : Silahkan saja, tujuan saya ketik di sini juga memang supaya menyebar :)

anonymous : Boleh kok, silahkan...:)

 

At 18 December, 2006 19:26, Anonymous nope said...

salut bwat lo don. bener2 niat bwat mewujudkan penuturan aa gym melalui rekaman menjadi sebuah tulisan.
semoga tulisan ini bisa ngalahin opini, caci maki, kecaman, kritikan, dan kutukan orang2 munafik itu.
tapi maap niy, gw agak sedikit lemot. gw dah baca dengan teliti tapi blom ketemu jawaban yg tepat mengarah ke pertanyaan: "kenapa aa MEMUTUSKAN untuk menikah lagi?"
ada yg bisa nunjukin?

 

At 19 December, 2006 00:03, Blogger Donny said...

Nope : weh...ada 'guru' gua berkunjung ke sini. Heuheuheu. Kalau berdasarkan rekaman itu sih, memang ada beberapa alasan yang menjadi tujuan. Sebetulnya, AA Gym tidak "kalah" seperti apa yang selama ini dipikirkan oleh orang-orang. Justru beliau "menang" karena efeknya memang sesuai dengan skenario yang sudah dirancang dan diprediksi. Orang2 aja mungkin terlalu sibuk ngeributin dan ngegosipin.

 

At 19 December, 2006 19:42, Anonymous Amaly said...

Ass.wr.Wb
TOP bgt Mang,Keren bgt,...ane salut ama Mang yg ga cuma brbakat jd penulis tp jg trnyata brbakat jd jurnalis!!!
Mang jujur ane suka bgt ama tulisan antum kali ini selain membuka sebuah kebenaran yg saat ini mengabur juga mencoba meng"openmine" kan pikiran masyarakat skrg yg mulai ragu dg adanya poligami padahal nyata ada dlm Al-Qur'an malah diragukan.Mang Tetap Semangat ya 'tuk menguak tabir kebenaran :p Mang ane tunggu klanjutannya.do'a ane dr jauh yee
Wassalamu'alaikum.Wr.Wb

 

At 19 December, 2006 22:19, Blogger Donny said...

Amaly : Btw, dirimu siap dipoligami gitu...? ;))

 

At 21 December, 2006 11:29, Anonymous Amaly said...

Siap diPoligami?!?!?!
Blom tau tuch...'coz nikah aza blom gimana mo' di Poligami :P
Mang keren pisan euy....tulisannya!!!!!
Jangan menyerah Mang...kurangi malesnya,kurangi tidurnya
Jgn lupa...cirengnya!!!! :P

 

At 02 November, 2007 16:43, Anonymous Hydrocodone said...

PhnQ47 The best blog you have!

 

At 03 November, 2007 00:55, Anonymous health insurance in california said...

eePE7f Wonderful blog.

 

At 03 November, 2007 01:44, Anonymous all time pga tour win list said...

actually, that's brilliant. Thank you. I'm going to pass that on to a couple of people.

 

At 03 November, 2007 02:28, Anonymous fioricet order c o d said...

actually, that's brilliant. Thank you. I'm going to pass that on to a couple of people.

 

At 03 November, 2007 03:37, Anonymous celebrex taken with dieuritics said...

Wonderful blog.

 

At 03 November, 2007 04:38, Anonymous sales leaseback loan atlanta ga said...

Thanks to author.

 

At 03 November, 2007 18:10, Anonymous dangers of phentermine said...

Please write anything else!

 

At 03 November, 2007 22:49, Anonymous alcohol and vicodin said...

Please write anything else!

 

At 03 November, 2007 23:54, Anonymous lowest prices on tramadol said...

actually, that's brilliant. Thank you. I'm going to pass that on to a couple of people.

 

At 04 November, 2007 00:46, Anonymous methadone and vicodin said...

Hello all!

 

At 04 November, 2007 01:31, Anonymous buy cheap phentermine yellow buy phentermine by co said...

Hello all!

 

At 03 March, 2009 03:39, Anonymous Anonymous said...

belajar forex

forex

bisnis internet

internet marketing

belajar internet marketing

walet

sarang walet

cd walet

sarang burung walet

rumah walet

best forex robot

best forex robots

forex robots

forex robot

forex signal

forex signals

 

At 08 April, 2010 14:01, Anonymous forex said...

Your website is beautifully decorated and easily navigated. I have enjoyed visiting this site today and hope to visit many more times in the future.

Thank's

Forex Trading System For Currency Trading And Forex Scalping, Forex Smart Pips is an indicator that will analyze various indications market and able to analyze the movement of the price automatically technical side throughout the day and This System can applied for all currency pairs.

Compare prices of Treadmill Running Machine and Treadmill Machine, read and write product reviews and read buyers guides and cheap best prices

Incredible New Edition Software Lets You Run A Money-Making Membership Site Manager On 100% Autopilot!

Latest Technology News, Cell Phone Reviews, Laptop Reviews and Tech Gadget Review, Future Technology

The GameHardware.co.cc is Gaming Hardware contains information on Computer Games Hardware, PC gaming hardware, and PC gaming accessories. Included are lists and reviews on PC gaming keyboards, controllers, game pads, graphics cards, monitors and more.

Electronics Supply is the largest STOCKING distributor for Marine Electronic Accessories, Component and part such as Depth Finders, Fishfinders, Marine GPS Units, Chartplotters, Radar Systems

Buy The Best Netbooks With Small Prices The Netbooks

Sistem Baru Menghasilkan Uang Dari Internet Untuk Pemula dan Bagaimana Menghasilkan Income Melimpah Melalui Bisnis Internet

Discover How YOU Too Can Have Your Own Collection Of In-Demand, Profit-Pulling Info Products In Just Minutes From Now by Ebook PLR

5 Brand New UNRESTRICTED Private Label Rights Graphics Packages, With a Complete Resellers Kit Laid Out Just as You See it Here! PLR Graphics Packages

Rahasia Bisnis Hosting Hanya dengan Modal GRATIS di bulan pertama. Trust Me It Work

 

At 27 March, 2011 01:07, Blogger khonmanrak said...

Thank for sharing.
เสื้อบอล | มะนาว | สุนัข | ภาพเคลื่อนไหว | เครื่องสำอาง | Printable Checkbook Register | Foreclosure Process | Waterpik Ultra Water Flosser | Cheap vacuum | Best Vacuums For Pet Hair

 

At 30 May, 2011 22:45, Blogger Forex Trading said...

Instaforex|Bisnis Ivestasi Emas|Robot Trading Emas|Manage Account
Gold Expert Advisors, Robot Trading Emas Robot Emas
Free Robot Trading Emas
Investasi Emas Bisnis Emas
Vps Metatrader Murah Vps Forex Murah
Vps Metatrader Murah Vps Forex Murah
Trading Emas
Keistimewaan Emas
Resiko trading Forex
Free Manage Account, Manage Account Gratis
Free Manage Account, Manage Account Gratis
Hosting Gratis Pindah Hosting
Cara Membuat Charger Accu
Cara Membuat Inverter Sekema Inverter Inverter Murah
Instaforex
Forex Pemula Belajar Forex
Forex Pemula Belajar Forex
Cara Membuka Rekening demo instaforex
Jenis Account Forex
Broker Instaforex

 

At 20 March, 2013 12:50, Anonymous jelita said...

oh begitu ya penjelasannya . Ok deh

 

At 06 March, 2014 08:37, Blogger ferry lazzuardo said...

Great post sharing information related to
Mobil Baru honda

Terima Kasih..:)

 

At 10 March, 2014 10:12, Blogger ferry lazzuardo said...

terima kasih atas informasinya..
kunjungi juga website kami mobil Baru

sukses selalu

 

At 05 April, 2014 13:23, Anonymous harga toyota agya bekas said...

Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
keep update!Harga Toyota Agya bekas

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home

Copyright © 2006 Bom Bye
Design : Donny Reza