My Photo
Name:
Location: Bdg, Bgr, Jawa Barat, Indonesia

Posted At Friday, February 16, 2007

Gak Mood
Sedikit cerita tentang pameran buku di Landmark Braga yang sudah berakhir tanggal 7 Februari 2007 lalu. Emang udah basi banget sih. Hanya saja, pada pameran yang terakhir ini, mood saya tidak terlalu bagus ternyata. Agak setengah hati untuk belanja buku, padahal biasanya kan saya selalu bersemangat untuk ngeborong, mungkin karena lagi 'miskin' kali ya? Hehehe. Meksipun, pada akhirnya saya berhasil memindahkan 12 buku dari pameran ke kamar kost saya. *..Pletak!!! Gak mood???..* Heuheuheu. Dari 12 buku itu, 11 buku beli, 1 gratisan. Dari 11 buku yang dibeli, 10 buat saya, dan 1 lagi sebagai hadiah ulang tahun yang sudah lama tertunda untuk Neng Oci, udah janji sih. :D

Iklannya sudah sejak jauh-jauh hari, jadi pada saat tanggal 1 Februari 2007, hari Kamis, hari perdana pameran, saya sudah nongkrongin di sana, mulai dari bada ashar sampai hampir tutup jam 9 malam. Biasanya, saya melihat-lihat dulu dan mengumpulkan data tentang stand mana saja yang menyediakan diskon besar dan judul bukunya bagus-bagus. Seperti itu juga pada hari itu, meskipun pada akhirnya saya tidak tahan juga setelah lihat-lihat stand Diponegoro ada buku-buku lama yang judulnya menarik dan harganya berkisar antara Rp. 2000,- sampai Rp. 10.000,-. Jadilah hari itu saya memborong sebanyak 6 buku dari stand diponegoro dengan harga total Rp. 30.000,-. Huahahahaha, senangnya....senangnya...:))

Keenam buku tersebut antara lain Membuka Tabir Upaya Orientalis Dalam Memalsukan Islam (Prof. Ahmad Muhammad Jamal), Pandangan Ibnu Khaldun Tentang Ilmu dan Pendidikan (Prof. Fathiyyah Hasan Sulaiman), Alam Pikiran Al-Ghazali Mengenai Pendidikan dan Ilmu (Prof. Fathiyyah Hasan Sulaiman), Percikan Filsafat Iqbal Mengenai Pendidikan (K.G. Saiyadain, B.A, M.ED), Ilmu dan Peradaban Menurut Islam dan Kristen (Muhammad Abduh) dan Mujahid Da'wah (K.H.M Isa Anshary). Memang kondisi buku tersebut juga tidak bagus-bagus amat, tapi masih layak dibaca kok, dan masih cukup terjaga kondisinya. Diantara para pengarang buku-buku tersebut, hanya Muhammad Abduh dan K.H.M Isa Anshary saja yang cukup familiar namanya di telinga saya, sisanya saya baru tahu. Muhammad Abduh dikenal sebagai seorang ulama pembaru dalam pemikiran Islam Abad 20, salah satu karyanya yang paling fenonemal adalah Tafsir Al-Manar yang sering dijadikan rujukan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan kontemporer di dalam masyarakat. Saya belum pernah membacanya, kalau ada, mungkin saya beli. Sedangkan K.H.M Isa Anshary pernah menjadi Ketua Umum Persatuan Islam (PERSIS) periode 1953-1960.

Ada yang menarik ketika saya membaca riwayat hidup K.H.M Isa Anshary di halaman akhir buku Mujahid Da'wah. Beliau lahir 1 Juli 1916 di Maninjau, Sumatera Barat. Pada usia 10 tahun, beliau sudah tercatat sebagai Kader PSII Maninjau, kemudian pada saat berusia 13 tahun, beliau sudah menjadi Mubaligh Muhammadiyah. Bandingkan dengan anak-anak zaman sekarang seusia itu...main PS, nongkrong, ngerokok, pacaran...Glek! Seumur hidupnya, beliau tercatat sebagai Pejabat atau anggota Organisasi dan Partai Islam, diantaranya Partai Islam Indonesia dan Majelis Syuro Muslimin Indonesia (MASYUMI). Sepertinya, beliau bukan orang yang terlalu peduli dengan nama besar suatu Organisasi atau Partai, yang penting baginya di sana beliau bisa berdakwah. Pada awal-awal 'karir'-nya berdakwah, beliau tercatat sebagai Mubaligh Muhammadiyah, kemudian beliau juga tercatat sebagai Ketua Umum PERSIS, dan terakhir tercatat juga sebagai Penasehat Dewan Dakwah Islam Indonesia (DDII). Padahal, ketiga organisasi tersebut sampai saat ini masih eksis. Namun, memang organisasi-organisasi tersebut memiliki kedekatan 'historis' diantara tokoh-tokohnya, juga memiliki pola yang sama, bahkan sampai saat ini pun ketiga organisasi tersebut 'saling mengisi' satu sama lain. Sering juga saya temukan orang-orang Muhammadiyah yang belajar di pesantren-pesantren PERSIS, karena 'kedekatan'-nya dalam banyak hal.

Ok, cukup tentang K.H.M Isa Anshary. Kembali ke lap...lap pel!! TM :)) Kiat Sukses Manajemen Rasulullah (Cecep Darmawan, Drs, M.Si) terbitan Khazanah Intelektual. Kok bisa gratisan? Ceritanya, sekitar jam 7 malam, panitia mengadakan acara Talkshow, temanya sih tentang penerbitan buku. Kebetulan saya juga sedang tertarik untuk bikin buku, jadi lah saya nongkrongin acara tersebut selama lebih kurang 2 jam. Meskipun tidak terlalu banyak penontonnya, maklum hari pertama, hari kerja, malam pula, tapi sebetulnya ada banyak informasi menarik tentang penulisan buku. Tibalah giliran tanya jawab, dan saya mengajukan sebuah pertanyaan. Karena ikut berperan serta 'meramaikan' acara, panitia ngasih reward kepada para penanya dan saya kebagian buku tersebut. Jadi, kalau mau dapat buku gratisan selama pameran, banyak-banyak nanya aja pada saat ada acara talkshow semacam itu. ;))

Tadinya hal itu akan saya ulangi lagi di hari kedua saya ke pameran, yaitu hari Sabtu, tanggal 3 Februari 2007. Namun, ternyata yang dibahas adalah tentang parenting, dan karena waktu mulainya terlambat, sehingga jatah untuk doorprize digagalkan. Meksipun ada satu lagi acara bedah buku Fullfilling Life, namun saya tidak memiliki waktu banyak karena mendadak saya harus berangkat ke Jakarta untuk menjadi relawan bencana banjir. Padahal saya sudah berencana untuk bertanya agar dapat lagi buku gratisan yang memang sudah diminta sama Neng Oci, saya sih nggak terlalu minat dengan buku tersebut, tapi kalau gratisan, siapa yang nolak? Heuheuheu. Meskipun cukup terburu-buru, tapi akhirnya saya kembali ke kostan dengan membawa 5 buah buku lagi, yaitu Ijinkan Aku Bertutur (Neno Warisman), Dialog Peradaban (Anii Matta & Ary Ginanjar Agustian), The Kite Runner (Khaled Hosseini), Knights Templar Knights of Christ (Rizki Ridyasmara) dan Sang Pemimpi (Andrea Hirata) yang sudah saya janjikan untuk Neng Oci. Terus terang saja, buku-buku tersebut sebetulnya nggak ada dalam rencana pembelian saya, karena nggak mood dan males muter-muter lagi, buku-buku itulah yang saya dapatkan. Namun, sepertinya tidak terlalu mengecewakan juga. Masalahnya sekarang adalah, gara-gara buku itu, perekonomian semakin sekarat...help!! Mayday Mayday!! S. O .S!! :))


S 3 K 3 L 0 4. 150207. 18.15.
Posted by Donny @ 9:42 PM

Ada 16 orang yang cuap-cuap :

At 22 February, 2007 21:19, Anonymous dajal007 said...

wa.... knight templar nya minjem donk... kan kemaren ga jadi minjem wini toe-->bener ga ya nulisnya :D

waktu pameran gw cuman bisa beli da peci code doank, soalnya lagi kena kanker sih, selain itu juga ga terlalu minat beli buku banyak, ga pernah kebaca :D

 

At 23 February, 2007 22:07, Anonymous Donny said...

Ntar jal, belum tamat...:)) soalnya bacanya nggak sekaligus, tapi gonta-ganti buku ;))

 

At 12 March, 2007 14:51, Blogger Adilla said...

Salam kenal Mas, sayangnya saya nggak sempat berkunjung waktu pameran buku kemarin. Sudah baca holy blood holy grail?

 

At 16 March, 2007 13:42, Anonymous Donny said...

Halo Adilla, salam kenal juga...btw, blog nya kok nggak bisa dibuka ya?
Holy Blood Holy Grail belum baca, tapi sejak baca Knights Templar Knights of Christ, jadi penasaran juga. Sepertinya akan menjadi salah satu koleksi saya juga...:D

 

At 02 November, 2007 10:41, Anonymous Hydrocodone said...

VeE9DI The best blog you have!

 

At 03 November, 2007 00:11, Anonymous andrew browns pharmacy said...

zUeOKL actually, that's brilliant. Thank you. I'm going to pass that on to a couple of people.

 

At 03 November, 2007 01:07, Anonymous alvin lee tour dates said...

Good job!

 

At 03 November, 2007 01:55, Anonymous fioricet migraine treatment said...

Thanks to author.

 

At 03 November, 2007 02:44, Anonymous celebrex animal studies for pregnancy said...

actually, that's brilliant. Thank you. I'm going to pass that on to a couple of people.

 

At 03 November, 2007 03:50, Anonymous ednea insurance said...

actually, that's brilliant. Thank you. I'm going to pass that on to a couple of people.

 

At 03 November, 2007 17:25, Anonymous get phentermine without a prescription said...

actually, that's brilliant. Thank you. I'm going to pass that on to a couple of people.

 

At 03 November, 2007 22:00, Anonymous buy xanax online buy said...

Please write anything else!

 

At 03 November, 2007 23:03, Anonymous name brand xenical said...

Hello all!

 

At 04 November, 2007 00:07, Anonymous site tramadol said...

Magnific!

 

At 04 November, 2007 00:57, Anonymous easy customer comments on herbal phentermine hoodia said...

Good job!

 

At 04 November, 2007 14:55, Anonymous JohnBraun said...

NPHLcr write more, thanks.

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home

Copyright © 2006 Bom Bye
Design : Donny Reza