My Photo
Name:
Location: Bdg, Bgr, Jawa Barat, Indonesia

Posted At Sunday, February 25, 2007

Serius vs Santai
Terkait tulisan-tulisan saya akhir-akhir ini, ada beberapa orang teman yang mempertanyakan kenapa tulisan saya cenderung lebih 'berat' dan serius? Berbeda dengan tulisan-tulisan awal saya yang lebih santai, lucu dan 'usil'. Sejujurnya, saya pun merasa heran sendiri. Bukan berarti tidak mau atau tidak bisa lagi membuat tulisan yang santai, lucu dan 'usil', tapi belakangan ini memang pikiran saya juga cenderung serius. Jadi, mungkin hal tersebut berpengaruh terhadap tulisan-tulisan saya.

Setidaknya ada beberapa alasan yang - mungkin - menyebabkan tulisan-tulisan saya belakangan ini lebih serius. Pertama, tentu saja buku-buku yang saya baca belakangan ini. Bisa dikatakan sebagian buku-buku tersebut bertemakan tentang Perang Pemikiran, Teori Konspirasi dan agak jarang membaca novel atau kumpulan cerpen lagi seperti ketika awal-awal saya menulis di blog. Belakangan saya cukup terpengaruh juga oleh tulisan-tulisan dari Adian Husaini, seorang ulama muda Indonesia yang concern mengurusi permasalahan pemikiran keislaman. Tabloid-tabloid yang saya baca juga memiliki tema yang tidak berbeda jauh.

Bacaan-bacaan tesebut rupanya menggugah 'kesadaran' saya tentang permasalahan-permasalahan yang terjadi. Meskipun sebetulnya sudah jauh-jauh hari sebelumnya pengetahuan tentang itu ada, tapi karena belakangan ini saya lebih banyak memikirkannya, 'kesadaran' itu semakin kuat. Dari bacaan yang bertema Teori Konspirasi, misalnya, menimbulkan perasaan 'keterancaman' sebagai seorang muslim karena adanya sebuah 'hidden agenda' yang mengancam kehidupan umat Islam. Dari sana muncul sikap kewaspadaan pada diri saya, sehingga saya menjadi lebih protektif terhadap pengaruh-pengaruh dari luar. Akhirnya, secara tidak langsung - dan tidak sadar - memunculkan sisi pribadi saya yang lebih serius. Sebagai reaksi dari kejadian tersebut, sebagian tercurahkan melalui tulisan-tulisan saya. Jadilah tulisan-tulisan yang serius dan 'berat' itu.

Kedua, perdebatan-perdebatan yang terjadi terkait masalah poligami beberapa waktu lalu, membuat saya merasa dituntut untuk lebih banyak menggali ilmu dan berpikir lebih matang. Bahkan, kadang-kadang diskusi masalah poligami tersebut sampai saat ini masih saja terjadi. Namun, entah kenapa, saya masih saja sering merasa 'gatal' untuk sekedar menanggapi ketika orang-orang yang saya kenal melontarkan opininya. Bahkan, saya pernah berdebat tentang masalah ini dengan ibu saya. Juga di email, di forum-forum diskusi atau melalui sms dan telepon.

Ketiga, adanya 'kepercayaan' dari beberapa orang teman yang meminta pendapat saya tentang suatu masalah tertentu, dan minta ditulis di blog. Selama saya mampu, tentu saja saya akan berusaha untuk memenuhi permintaan tersebut. Maka, tulisan-tulisan yang sudah saya rencanakan untuk diposting di blog ini juga kemungkinan masih serius. Namun, harapan saya sih, mudah-mudahan tulisan tersebut bisa diambil manfaatnya. Bukan cuma sekedar serius atau santai yang dijadikan masalah :)

Keempat, terkait dengan realita yang saya alami saat ini, merasa tertekan, kebingungan, kadang-kadang muncul juga perasaan putus asa, menjadikan pikiran saya juga berubah menjadi serius. Meskipun, sebenarnya saya juga cukup menikmati apa yang saya alami saat ini. Ada semacam konflik batin yang menuntut saya untuk cepat-cepat menentukan sebuah keputusan. Akibatnya, muncul kekalutan dalam diri saya dan menyebabkan otak saya selalu berpikir serius. Sementara waktu berjalan sangat cepat, saya tertinggal cukup jauh dan kehilangan arah. Akibatnya, saya harus menyusun lagi planning, kali ini mungkin lebih matang, terarah dan terstruktur jika dibandingkan planning saya sebelumnya yang terkesan lebih emosional dan tanpa strategi. Meskipun, saya harus memulai lagi dari awal, namun mudah-mudahan bisa mengejar ketertinggalan saya selama ini.

Dari planning yang lama, beberapa terpaksa harus saya tunda terlebih dahulu, dan ini memerlukan ketabahan. Ironisnya, justru apa yang menjadi tujuan utama saya selama ini yang ditunda tersebut. Namun, pada akhirnya, insya Allah, bermuara pada tujuan utama itu. Sebuah strategi, tapi diperlukan kesabaran tingkat tinggi untuk bisa menjalankan dan mewujudkannya. Kali ini, saya lebih memfokuskan pada hal-hal yang kecil dulu sebelum mengurusi hal yang lebih besar. Sudah terlambat sebetulnya untuk orang seusia saya. Mungkin itu masalahnya, saya memiliki tujuan dan keinginan yang 'besar', tapi tidak ditopang oleh pondasi yang kuat, sehingga pada akhirnya 'roboh' juga. Itulah sebabnya, saya memutuskan untuk 'membereskan' masalah-masalah yang 'kecil' terlebih dahulu. Berjuang untuk bersabar dalam 'pahitnya' sebuah proses, tapi mudah-mudahan bisa menjadikan saya lebih kuat dan dewasa.

Terakhir, mungkin karena saya jarang lagi menonton film-film kartun dan komedi ya? Film-film yang saya tonton juga serius melulu, jadinya kebawa-bawa serius, meskipun film-film horor tidak pernah menjadi menu saya. Bukan takut, tapi saya merasa tidak pernah mendapat 'sesuatu' dari nonton film horor. Mungkin juga karena jarang lagi olahraga dan refreshing ya? Dooh...jadi kangen maen bola ama temen-temen SMA. Woi, barudak, iraha atuh maen bola deui? Bosen nih, coding melulu, tapi gk maju-maju!!! :))

Jadi...mudah-mudahan tulisan ini bisa menjelaskan apa yang terjadi pada tulisan-tulisan saya dan tentu saja pada diri saya sendiri. Bagi sebagian yang membaca tulisan ini, mungkin merasa tidak terlalu penting, tapi bagi teman-teman saya yang me-request tulisan-tulisan 'usil' saya dan 'gerah' dengan tulisan-tulisan saya belakangan ini, bisa menjadi penting. Apalagi, pake ada 'ancaman' berhenti menjadi 'fans' tulisan-tulisan saya segala...:p Hanya sekedar sebuah proses transformasi saja. Namun, itulah yang dapat menjadikan saya menjadi manusia yang lebih baik, kan?? ;) Semoga tidak bosan dengan tulisan-tulisan saya. Punya komentar? nasihat? kritik? Itulah yang saya harapkan. :) Salam.


S3K3L04.240207.17.51.

Labels: , ,

Posted by Donny @ 6:38 PM

Ada 16 orang yang cuap-cuap :

At 26 February, 2007 16:09, Anonymous Anonymous said...

Memang pengalaman sering berpengaruh terhadap tulisan. Lha contohnya saya ini, satu blog gaya bicaranya bisa lain-lain, padahal yang dibahas cuman satu.. hehehe

 

At 10 March, 2007 00:10, Anonymous Anonymous said...

Mungkin masalahnya bukan di serius atau santai. Tapi masalah berat atau ringannya untuk memahami tulisan.

Tulisan Seth Godin, Malcolm Gladwell, atau Budi Putra kan serius-serius saja. Tapi pembacanya merasa ringan untuk memahami tulisannya. Dan topik yang mereka tulis, walau bukan bidang yang mereka minati, bisa menjadi menarik.

Coba saja eksplorasi ke sana. Toh tulisan serius bukan berarti yang baca harus mengerut-ngerutkan kening.

 

At 11 March, 2007 14:43, Anonymous Anonymous said...

Wohoo..saya malah pengen banget blog saya kembali ke khittoh..:P

Pengeen banget bisa nulis yang "penting-penting" dan esensial lagi..

Perasaan, jadinya blog saya kok sangat berbeda dg tulisan2 yg saya buat di luar blog...

 

At 15 March, 2007 00:32, Anonymous Anonymous said...

Mmmm, biasa sih begini. Pesen saya sih hanya satu, jangan kelewat serius ... santai dikit ... supaya tetap awet muda :)

 

At 16 March, 2007 16:17, Anonymous Anonymous said...

@Cafeblogger
Iya, saya juga memang seperti itu.

@isman
Bisa juga seperti itu kang Isman. Namun, yang terjadi kepada saya memang serius vs santai itu. Kalau baca-baca tulisan saya yang dulu, saya juga kadang-kadang tertawa sendiri, tapi kalau tulisan2 yang sekarang, menurut saya sih tidak terlalu berat. Hanya saja saya juga cukup sulit untuk bisa 'tertawa' lagi ketika membacanya. :D

@Warastuti
Awal mula bikin blog sebetulnya seru-seruan aja, lagipula saya kan agak sering 'melawak'. Makanya, back to khittoh-nya versi saya adalah tulisan2 'lucu' dan 'usil' itu :D

@Riyogarta
Belakangan malah lebih banyak menertawakan diri sendiri :D

 

At 02 November, 2007 16:06, Anonymous Anonymous said...

qS5bBV The best blog you have!

 

At 03 November, 2007 00:33, Anonymous Anonymous said...

fYglxg Nice Article.

 

At 03 November, 2007 01:24, Anonymous Anonymous said...

actually, that's brilliant. Thank you. I'm going to pass that on to a couple of people.

 

At 03 November, 2007 02:06, Anonymous Anonymous said...

Magnific!

 

At 03 November, 2007 03:10, Anonymous Anonymous said...

Please write anything else!

 

At 03 November, 2007 04:11, Anonymous Anonymous said...

Magnific!

 

At 03 November, 2007 17:43, Anonymous Anonymous said...

Thanks to author.

 

At 03 November, 2007 22:21, Anonymous Anonymous said...

Thanks to author.

 

At 03 November, 2007 23:24, Anonymous Anonymous said...

Wonderful blog.

 

At 04 November, 2007 00:24, Anonymous Anonymous said...

Wonderful blog.

 

At 04 November, 2007 01:12, Anonymous Anonymous said...

Thanks to author.

 

Post a Comment

Copyright © 2006 Bom Bye
Design : Donny Reza