My Photo
Name:
Location: Bdg, Bgr, Jawa Barat, Indonesia

Posted At Wednesday, April 25, 2007

Dasar Amatir!
Ya, 'umpatan' itulah yang pantas saya dapatkan. Dasar Amatir! Beberapa saat lalu, Alhamdulillah, ada orang baik yang mau ngasih pinjem kamera, Opie. Merk kameranya Nikon F65, SLR, masih analog, artinya masih pake film. Fasilitasnya lumayan lengkap, bisa Auto Focus atau manual. Itu hanya sedikit dari seluruh fasilitas yang ada. Kata yang punya, kamera itu mau dijual, harganya 1,6 juta. Dia belinya belum lama, jadi kondisinya masih 90-95%. Ada yang berminat?

Kesempatan bagus itu tidak saya lewatkan begitu saja, tidak tanggung-tanggung, saya langsung beli 3 roll film untuk memuaskan hobi fotografi saya. Dua roll berwarna, satu roll hitam putih. Jika dibandingkan dengan kamera digital, menggunakan kamera analog jauh lebih seru. Seni-nya lebih terasa. Kalau menggunakan kamera digital, kita tidak dibatasi oleh jumlah film, kalau ada hasil yang jelek pun bisa langsung kalihatan hasilnya dan bisa dihapus. Sementara kalau menggunakan kamera analog, kita harus mikir dulu sebelum mengambil suatu objek. Sehingga, jika terjadi kegagalan, kita harus menunggu film dicetak dulu untuk melakukan analisa. Objek yang diambil pun harus benar-benar bagus. Selain itu, penggunaan teknik-teknik fotografi benar-benar terpakai ketika menggunakan kamera analog. Disinilah serunya, disinilah tantangannya.

Nah, masalahnya, saya belum menguasai teknik fotografi yang baik dan benar, ditambah saya lupa lagi dengan teknik-teknik yang pernah diajarkan, maklum sudah lumayan lama tidak pernah pakai kamera SLR. Sehingga, setelah film tersebut dicetak, 40% gagal! Menyedihkan, bukan? Lebih parah lagi, justru yang gagal itu adalah objek-objek yang sangat menarik kalau teknik yang saya gunakan benar. Dari hasil cetakan yang sudah ada, ternyata saya masih lemah ketika mengambil objek bergerak dan dalam ruangan. Namun, ada juga beberapa foto yang hasilnya bagus, padahal tidak sengaja atau malah tanpa teknik, asal jepret saja. Sebagian besar foto saya ambil tanpa blitz (flash), itu juga yang menyebabkan sebagian foto gagal, saya harus belajar lebih banyak lagi untuk itu.

Berikut ini index print dari 2 roll film yang sudah saya cetak, klik pada gambar untuk melihat ukuran yang lebih besar, untuk yang hitam putih menyusul. Lagi bokek saudara-saudara...Huahuahua.



klise 1


klise 2

S 3 k 3 l 0 4. 250407. 22.10.

Labels: ,

Posted by Donny @ 9:20 PM

Ada 0 orang yang cuap-cuap :

Post a Comment

Copyright © 2006 Bom Bye
Design : Donny Reza