My Photo
Name:
Location: Bdg, Bgr, Jawa Barat, Indonesia

Posted At Monday, May 07, 2007

Buku Baru dan Blog Baru
Dalam satu minggu terakhir, berbarengan dengan beberapa event yang ada di kota Bandung, saya 'berhasil' menambah tumpukan buku di kamar saya dan bikin kamar saya jadi semakin berantakan. Buku-buku tersebut antara lain :

1. Muqaddimah (Ibnu Khaldun)
2. Dari Gerakan Ke Negara (Anis Matta)
3. Pengantar Memahami Tafsir Al-Quran (Ibnu Taimiyah)
4. Makelar Dongeng Holocoust : Catatan Perjalanan dari Dalam Israel (Rakhmat Jaenal)
5. Membendung Liberalisme (Prof. K.H Ali Yafie dkk)
6. Filosofi Naif Kehidupan Dunia Cyber (Onno W. Purbo)
7. Islamia (Jurnal INSISTS)
8. Suara Hidayatullah (Tabloid)

Buku 1 dan 8 saya dapatkan di Salman. Setelah lama mencari buku 1, ternyata saya dapatnya nggak jauh-jauh. Sementara buku 8, sepertinya selanjutnya saya akan berlangganan. Setelah memiliki 2 edisi, saya merasa cukup puas dengan materi di dalamnya. Suara Hidayatullah merupakan tabloid keluaran Hidayatullah, seperti Risalah yang merupakan keluaran PERSIS.

Sementara itu buku 2, saya dapatkan sebagai fasilitas dari acara bedah buku yang bertajuk "Dari Gerakan ke Negara, Dari Bangku Kuliah ke Bangku Istana" yang diadakan oleh GAMAIS ITB. Covernya berbeda dengan versi aslinya, dimodifikasi sesuai tuntutan acara. Acara tersebut diisi oleh Anis Matta (Sekjen PKS) sebagai pembicara utama. Adhyaksa Dault (Menpora) yang direncanakan hadir, tidak datang karena menuruti perintah Presiden SBY untuk tidak meninggalkan kota Jakarta.

Sementara sisanya (buku 3,4,5,6 dan 7) saya beli di acara Islamic Book Fair (IBF)2007, yang kali ini diselenggarakan di Be Mall, bukan di Landmark Braga. Seingat saya, IBF yang diadakan di Jakarta 'isinya' lebih variatif. Meskipun mengusung nama islamic, tapi masih bisa ditemukan buku-buku yang bertema bukan Islam. Hal itu tidak terjadi di IBF Bandung. Bukunya 95% memang buku-buku islami. Hampir semua stand memajang buku yang sama, inilah yang saya sesali. Beberapa penerbit atau agen yang biasanya ikut serta, kali ini tidak saya temukan.

Namun, saya pun bisa berbahagia karena akhirnya bisa memiliki buku Filosofi Naif dan Jurnal Islamia. Filosofi Naif sudah ditarik dari peredaran, sementara Jurnal Islamia sulit didapatkan di Bandung. Tidak seperti buku-buku Pak Onno yang lainnya, sesuai judulnya, Filosofi Naif memang lebih filosofis.

Jurnal Islamia merupakan terbitan INSISTS (Institute for the Study of Islamic Tought and Civilization). Saya membelinya karena saya sedang concern terhadap permasalahan pemikiran dalam Islam. Selain itu juga sebagai upaya saya untuk membendung pemikiran-pemikiran dari JIL (Jaringan Islam Liberal). Meskipun saya masih cetek dalam hal ini, tapi membekali diri kan tidak ada salahnya. Bagi saya, JIL adalah parasit dalam tubuh Islam di Indonesia. Isi dari Islamia memang cukup 'berat', jarang didapatkan Hadits atau ayat-ayat Al-Quran, lebih dekat ke filsafat. Untuk melengkapi ketertarikan saya terhadap masalah JIL tersebut, saya membeli juga buku Membendung Liberalisme.

Selain buku baru, ada lagi yang baru, yaitu 2 blog yang rencananya akan saya kelola. Pertama adalah katapengantar.blogspot.com dan indoenglish.wordpress.com. Katapengantar adalah jawaban saya atas permintaan resensi buku-buku yang saya baca. Jadi, rencananya blog tersebut akan berisi review dari sebuah buku. Tentunya dengan cara dan gaya saya. Selain itu, saya mengajak juga Oci untuk menjadi kontributornya. Maka, jadilah sebuah 'project' antara saya dan Oci.

Indoenglish lebih merupakan keinginan saya untuk menghadirkan sebuah blog yang berisi tentang bagaimana belajar bahasa Inggris yang baik. Saya hanya sebagai editor dan penggagas saja, tulisan akan diisi oleh Nana, salah satu kenalan saya di dunia maya yang memang ahli dibidang itu. Inginnya saya sih menggunakan Bahasa Indonesia, tapi ternyata yang bersangkutan mengalami kesulitan. Jadi, saya bebaskan saja. Sebetulnya tujuan utamanya adalah agar saya bisa belajar bagaimana ber-English yang baik dari dia. Sebab English saya masih amburadul. Btw, Opie dan Salis, bersediakah menyumbang tulisan? Kok, perempuan semua yang diajak? Lha, mereka ahlinya kok! Kedepannya, saya berencana juga untuk membuat blog yang membahas tentang fotografi dan tutorial, karena belajar yang paling efektif sebetulnya adalah sambil mengajarkan juga. Bukan karena sok tahu, tapi lebih bersifat share (berbagi). Jadi, rajin-rajin saja berkunjung ke blog-blog tadi, insya Allah akan bermanfaat.

S 3 K 3 l 0 4. 070507. 22.12

Labels: ,

Posted by Donny @ 8:41 PM

Ada 13 orang yang cuap-cuap :

At 12 May, 2007 16:31, Anonymous Anonymous said...

Ho..dateng juga ke bedah buku Gamais?

Ga ketemu euy..

Ho..udah ke Be Mall? Sebelah mana si itu? Mall apa lagi itu? Banyak amatb sihhh mall di Bandung??

Ho..lagi ada proyek blog?

Ati-ati..jangan sampe timpang..Ntar ga jadi manusia nyata, malah jadi manusia maya lagi...:p

 

At 13 May, 2007 13:50, Anonymous Anonymous said...

Iya, saya dateng ke acaranya Gamais, duduknya di jajaran sebelah kanan...halah! gak penting ;))

Be Mall di jalan Naripan, kalau Naripan mah ngerti kali...;))

Sebenernya lebih 'asyik' jadi manusia maya euy, bisa ngumpet-ngumpet gitu deh...:))

 

At 02 November, 2007 12:18, Anonymous Anonymous said...

XHQJzG The best blog you have!

 

At 03 November, 2007 00:25, Anonymous Anonymous said...

3vFas0 Hello all!

 

At 03 November, 2007 01:16, Anonymous Anonymous said...

Hello all!

 

At 03 November, 2007 02:02, Anonymous Anonymous said...

Wonderful blog.

 

At 03 November, 2007 03:00, Anonymous Anonymous said...

Wonderful blog.

 

At 03 November, 2007 04:03, Anonymous Anonymous said...

actually, that's brilliant. Thank you. I'm going to pass that on to a couple of people.

 

At 03 November, 2007 17:34, Anonymous Anonymous said...

Hello all!

 

At 03 November, 2007 22:13, Anonymous Anonymous said...

Thanks to author.

 

At 03 November, 2007 23:16, Anonymous Anonymous said...

actually, that's brilliant. Thank you. I'm going to pass that on to a couple of people.

 

At 04 November, 2007 00:18, Anonymous Anonymous said...

Wonderful blog.

 

At 04 November, 2007 01:06, Anonymous Anonymous said...

actually, that's brilliant. Thank you. I'm going to pass that on to a couple of people.

 

Post a Comment

Copyright © 2006 Bom Bye
Design : Donny Reza