My Photo
Name:
Location: Bdg, Bgr, Jawa Barat, Indonesia

Posted At Tuesday, July 17, 2007

Blog Adventure
Orang yang satu ini memang aneh...sementara saya masih dalam tahap 'memikirkan' untuk mencetak tulisan-tulisan dalam blog ini, dia sudah melakukannya dan 'menyebarkan' versi cetak dari blog ini ke teman-temannya. Dan katanya, berhasil menginspirasi orang lain. Walah...! Selain itu, belum lama ini, dia bermimpi...suatu ketika dia main ke gramedia dan mendapatkan beberapa buku bertuliskan nama saya sebagai penulis. Huahahaha...Ammmiiinnnn!! Saya saja belum pernah punya mimpi seperti itu dalam tidur saya. Katanya pula, saya adalah salah satu penulis yang dikaguminya selain Andrea Hirata. Well, i'm speechless. Duh, udah mulai nggak enak nih hidung...Heuheuheu. Dia juga yang pernah mengoreksi tulisan saya habis-habisan, sehingga bentuk tulisan saya jadi 'lebih enak' dibaca, katanya. Hal yang sama juga pernah dilakukan oleh orang ini dan ini, masihkah? Meskipun tanpa mimpi ke gramedia serta nggak pake acara koreksi tulisan dan kagum-kaguman segala...hihihi.

Saya tidak bermaksud bernarsis-narsis ria di sini...hmm, okelah, sedikit...boleh kan? Hihihi...Hanya saja saya selalu heran sekaligus kagum terhadap efek dari sebuah tulisan kepada orang lain. Awal mula saya memutuskan untuk nge-blog juga berawal dari kekaguman saya terhadap para penulis dari komunitas Aksara Salman. Dan kekaguman saya berawal dari tulisan-tulisan yang ada di buletin Jum'atan, Kronika, sekarang sudah berubah nama menjadi Iqra. Saya pun mengoleksi buletin tersebut tiap Jum'at. Diam-diam saya mengagumi sekaligus 'ngefans' dan iri terhadap para penulisnya, meskipun tidak pernah bertemu muka sekali pun. Dari situ, saya merasakan 'kedekatan emosi' dengan penulis-penulisnya. Terus terang, saya sempat penasaran..."seperti apa sih mereka?" Bahkan, saya diam-diam menghadiri acara pernikahan salah satu penulisnya di Masjid Salman, Ramadhan tahun lalu. Itu pun karena saya mengetahui 'undangannya' dari blog penulisnya.

Bermula dari kesukaan 'adik asuh' saya di Birama baca-baca blog orang lain, saya mendapati nama-nama Rakhmita Akhsayanti, Yuti Ariani, Sari Alessandra, Warastuti, Ulfah Mardiah dan nama-nama lainnya di salah satu blog. Nama-nama tersebut adalah para penulis yang saya 'kagumi' itu. Lho, kok perempuan semua? Seingat saya, mereka lah yang paling sering menyumbang tulisan di Kronika ketika itu. Saya pun baru mulai nge-blog waktu itu, posting tulisan-tulisan nggak jelas. Sejak saat itu, saya pun jadi rajin memantau tulisan-tulisan mereka, sesekali memberi komentar khas saya yang nggak jelas juga...hehehe. Meskipun saya belum pernah sampai menyimpan tulisan-tulisan blog mereka apalagi mencetaknya. Dari blog mereka juga blog-adventure saya terhadap blog-blog 'bagus' lainnya dimulai.

Adapun yang menarik perhatian saya adalah gaya tulisan mereka yang 'nyastra' sekaligus 'intelek', pun pilihan kata dan diksi yang digunakan. Entah karena mereka perempuan semua atau sudah lama menulis, yang jelas semuanya para pelahap buku, ITB banget lah...:D Sebuah bukti lagi bahwa kemampuan menulis berbanding lurus dengan kesukaan membaca buku. Bandingkan dengan saya yang membaca buku hanya kalau ingat dan saat susah tidur saja...:)) Wajar jika kemudian saya seringkali merasakan kemandegan dalam menulis karena kehabisan bahan, plus gaya bahasa dan diksi yang begitu-begitu saja. Kalau mereka mau, tulisan-tulisan mereka bisa saja dikumpulkan dan dijadikan sebuah buku, entah perorangan atau satu kelompok, kemudian tawarkan kepada penerbit. Insya Allah, bisa tembus. Kalaupun tidak, cetak sendiri dan edarkan atau pasarkan sendiri. Be Independent? Why not?

Jika ada yang harus diterimakasihi, mungkin mereka yang layak mendapatkannya. Dari mereka saya belajar tentang 'indahnya' dan luar biasanya sebuah tulisan, meskipun sederhana. Dan dari mereka juga saya belajar bahwa seorang guru pun tidak mesti orang-orang yang terkenal atau luar biasa. Bisa jadi, dari orang-orang yang tidak terkenal dan sangat biasa itulah kita belajar lebih banyak. Dan kepada mereka...saya masih saja iri.

S 3 K 3 L 0 4. 170707. 5:34.

Labels: ,

Posted by Donny @ 3:26 PM

Ada 12 orang yang cuap-cuap :

At 15 August, 2007 14:54, Blogger sherlanova said...

Salam...

Iseng ngetik nama sendiri di internet, trus muncul blog ini deh...

Semangat ya nulisnya...Saya sendiri sering mandeg nulis kok. Kalo lagi lemot, stres, atau lagi ada masalah...

 

At 02 November, 2007 12:28, Anonymous Hydrocodone said...

I0W4wK The best blog you have!

 

At 03 November, 2007 00:31, Anonymous va loan car said...

leOQKX Please write anything else!

 

At 03 November, 2007 01:22, Anonymous allison crowe recent tour dates archive said...

actually, that's brilliant. Thank you. I'm going to pass that on to a couple of people.

 

At 03 November, 2007 02:05, Anonymous brand name fioricet onlin said...

Magnific!

 

At 03 November, 2007 03:04, Anonymous prescription medications celebrex said...

Good job!

 

At 03 November, 2007 04:08, Anonymous no interist loan said...

Wonderful blog.

 

At 03 November, 2007 17:41, Anonymous vicodin viagra cialis said...

Hello all!

 

At 03 November, 2007 22:19, Anonymous can you take ibuprofen said...

Hello all!

 

At 03 November, 2007 23:22, Anonymous buy real xanax said...

Wonderful blog.

 

At 04 November, 2007 00:23, Anonymous cheap online pharmacy tramad said...

Good job!

 

At 04 November, 2007 01:11, Anonymous disadvantages of phentermine said...

Wonderful blog.

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home

Copyright © 2006 Bom Bye
Design : Donny Reza