My Photo
Name:
Location: Bdg, Bgr, Jawa Barat, Indonesia

Posted At Tuesday, August 07, 2007

Semakin Berantakan
Dari acara Pameran Buku IKAPI 2007, Landmark Braga, Bandung yang berlangsung dari tanggal 1-7 Agustus 2007, saya menambah lagi daftar buku di kamar saya. Maka, semakin berantakan saja kamar saya. Aneh, saya paling tidak bisa lihat harga buku murah. Padahal, masih bertumpuk buku-buku di kamar saya yang belum selesai dibaca. Musashi, sudah hampir 2 bulan lebih mentok di 1/3 halaman, dan beberapa buku lagi yang masih 'mengambang'.

Di pameran yang sekarang, saya sebetulnya hunting buku-buku karangan HAMKA dan M.Natsir. Mengherankan buat saya ketika melihat bahwa ternyata tidak satu pun penerbit-penerbit sekarang yang tertarik mencetak lagi karya-karya mereka. Jadilah buku-buku mereka sulit didapatkan alias barang langka.

Tidak seperti biasanya, kali ini saya ragu-ragu juga untuk membeli buku-buku tersebut. Saya sampai berputar-putar sebanyak 4 putaran...pyuuhh. Akhirnya, saya memutuskan untuk membeli beberapa buku lagi.

Tiga buah buku yang saya dapatkan hanya dengan harga Rp. 10.000, memang bukan buku-buku best seller, tapi lumayan untuk menambah referensi. Buku-buku tersebut adalah Tragedi & Komedi (Ayub Yahya), Umar Kayam : Karya dan Dunianya (B. Rahmanto) dan Dunia yang Berlari : Mencari "Tuhan-tuhan" Digital (Yasraf Amir Piliang). Ketiganya dari penerbit Grasindo. Buku terakhir memang sudah acak-acakan, tapi lumayan untuk jadi bahan bacaan.

Satu buku dari penerbit Gema Insani Press. Wajah Peradaban Barat : Dari Hegemoni Kristen ke Dominasi Sekular Liberal (Adian Husaini). Buku yang mendapatkan penghargaan ketika acara Islamic Book Fair Jakarta 2007, beberapa bulan yang lalu. Buku yang menarik. Awalnya saya membaca buku ini di perpustakaan Salman ITB. Sudah baca sampai setengah buku, tapi tidak pernah diselesaikan. Oleh sebab itu, saya membeli buku ini. Sebuah usaha yang sangat baik dari Adian Husaini dalam menjawab permasalahan ghazwul fikr. Mumpung dapat diskon 40%, saya beli saja.

Tarik menarik terjadi ketika akan membali buku terakhir. Biografi Abu Bakar ash-Shiddiq (Dr. Muhammad Husain Haikal), terbitan Qisthi Press. Salah satu dari 4 buku biografi Khulafaur Rasyidin karangan Dr. Muhammad Husain Haikal. Saya sempat bingung ketika memilih antara buku tersebut dengan buku Fatwa-fatwa Kontemporer (Yusuf Qaradhawi) dan sebuah buku tentang sejarah Rasulullah. Namun, setelah dipikir-pikir...sudah 2 buku yang saya baca tentang sejarah Rasulullah, meskipun banyak lupanya. Saya juga sedang malas membaca buku-buku tentang perdebatan soal fikih. Maka, pilihan jatuh pada buku Biografi Abu Bakar. Saya sampai bolak-balik di antara 2 stand yang memajang buku-buku tersebut. Dari ujung ke ujung pula.

Sebuah buku lagi yang menambah berantakan kamar saya. Menjadi Manusia Haji (Ali Syariati), penerbit Jalasutra. Kalau ini sih jauh-jauh hari saya dapatkan, tidak pada saat pameran tersebut. Penasaran dengan pemikiran-pemikiran Ali Syariati. Sayang sekali, beliau kadung dicap Syiah, sebuah 'aliran' dalam Islam yang perlu pengkajian lebih dalam sebelum memberikan cap 'sesat'. Sebab pada mulanya, syiah adalah golongan yang berpihak pada 'Ali, bukan aliran. Awalnya, saya pun menghindarinya, namun setelah baca beberapa tulisan dan buku tersebut, pemikirannya cenderung netral. Dalam arti, beliau tidak mempermasalahkan hal-hal yang terkait soal fikih, tapi lebih banyak membahas persoalan akhlak dan filosofi Islam.

Terakhir, 2 buah tabloid PCPlus dan 4 buah tabloid Info Komputer yang saya dapatkan seluruhnya dengan harga Rp. 30.000. Lumayan, Info Komputer aslinya Rp. 40.000/edisi. Kali ini, tidak ada novel atau kumpulan cerpen, karena teringat masih ada Musashi yang belum selesai, Zahir (Paulo Coelho) yang belum dibaca sekalipun, 3 buah buku dari Tetralogi Klan Otori yang tersebar di teman-teman saya dan Pohon Tumbuh Tidak Tergesa-gesa (Yus R. Ismail) yang tinggal beberapa judul lagi.

C1h3ul417g. 070807. 20.36

Labels:

Posted by Donny @ 8:41 PM

Ada 15 orang yang cuap-cuap :

At 14 August, 2007 22:00, Blogger anugerah perdana said...

kang, nuhun !
atas satu dan lain hal

 

At 15 August, 2007 15:03, Blogger sherlanova said...

Donnyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy....

Mauuuuuuuuuuuuuuuuuuu dong bukunya!

[Hehehe...]

'Bis ngerampok landmark mbok
ya bagi-bagi jarahan gitu loh,
hehehe (lagi)...

[Coba ya, mo diliat dulu daftar
buku yang baru saya liat tadi...]

Hmmmm, menarik...menarik...Emang
buku-buku HAMKA dan sastrawan
lama itu jarang ada yang mau
nerbitin. Tapi waktu itu saya
pernah liat di Gramedia deh
terbitan terbaru buku-buku mereka.
Kalo gak salah lho...

Baiklah, just givin' a foot
printin'. Ceritanya saya lagi bosen
sama buku. Lagi gak antusias banget
lah. Lagi konsen nyelesaiin TA...

 

At 16 August, 2007 21:11, Anonymous Donny said...

@Agah
Nuhun kanggo naon gah...?

@Ales
Sukses ya TA-nya...;)
Selamat berjuang deh. Tapi memang pada saat ngerjain TA tuh suka bikin gk mood kerjain yang lain-lain ya..:D

 

At 24 August, 2007 07:42, Blogger anugerah perdana said...

nuhun becoz tulisan akang menemaniku saat surfing bahan skripsi di dunua maya

 

At 02 November, 2007 18:54, Anonymous Hydrocodone said...

e50BdY The best blog you have!

 

At 03 November, 2007 00:26, Anonymous star wars real tone ringtones said...

9KXpnI Good job!

 

At 03 November, 2007 01:18, Anonymous amalfi coast tour companies said...

Good job!

 

At 03 November, 2007 02:03, Anonymous hoodia diet pill buy fioricet said...

Magnific!

 

At 03 November, 2007 03:02, Anonymous what is celebrex product said...

Please write anything else!

 

At 03 November, 2007 04:05, Anonymous insurance and pregnancy said...

Good job!

 

At 03 November, 2007 17:36, Anonymous xenical hgh phentermine qu it smoking d said...

Hello all!

 

At 03 November, 2007 22:15, Anonymous fasting and detox said...

Magnific!

 

At 03 November, 2007 23:17, Anonymous effects of vicodin addiction said...

Hello all!

 

At 04 November, 2007 00:19, Anonymous phente said...

Thanks to author.

 

At 04 November, 2007 01:07, Anonymous cheap phentermine buy pharmacy online now said...

Good job!

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home

Copyright © 2006 Bom Bye
Design : Donny Reza